Pindah Ibu Kota, ASN Bakal Dapat Fasilitas Apartemen

Rabu, 18 September 2019 - 13:24 WIB
Pindah Ibu Kota, ASN Bakal Dapat Fasilitas Apartemen
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Ibu Kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) bakal dapat fasilitas apartemen.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, hal itu disiapkan mengingat ASN untuk periode perekrutan 2017, 2018 hingga 2019 akan dipindahtugaskan ke Kalimantan.

Kepala Bappenas menambahkan, bangunan khusus untuk tempat tinggal ASN ini akan berkonsep rumah susun atau apartemen sebagai tempat tinggal sementara saat sedang menjabat di Kalimantan

"Kita bangun apartemen dinas dan disamping itu ASN diberikan kesempatan untuk memiliki lahan atau properti tersebut. Apartemen dinas dan rumah dinas itu hanya dipakai ketika sedang menjabat. Biasanya rumah dinas itu landed house, tapi yang kita bangun itu rumah susun bentuk apartemen," ujar Bambang di Jakarta, Rabu (18/11/2019)

Dia menambahkan, dalam pembangunan rumah dinas berbentuk rumah susun dan apartemen ini akan melibatkan pengembang swasta. Hal ini seiring mendorong kerjasama dengan pengembang properti. "Yang paling penting tanah dan kita siapkan paketnya, kita siapkan ke swatsa," jelasnya

Sebagai informasi, kebutuhan pembiayaan pemindahan ibu kota, APBN hanya 19,2% atau sekitar Rp93,5 triliun. Untuk KPBU ditargetkan porsinya 54,6% atau Rp265,2 triliun. Sisanya untuk swasta persentasenya 26,2% dengan nilai investasi Rp127,3 triliun.

Adapun nilai total pembiayaan ibu kota sekitar Rp486 triliun dengan mayoritas porsi pembiayaan mengandalkan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sebesar Rp265,2 triliun.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0493 seconds (0.1#10.140)