100 Kontainer Air Mani Sapi Hancur Terkena Dampak Ledakan

Rabu, 18 September 2019 - 06:52 WIB
100 Kontainer Air Mani Sapi Hancur Terkena Dampak Ledakan
Sapi-sapi ternak di Australia. Foto/ABC.net.au
A A A
GIPPSLAND - Kebakaran disertai ledakan hebat melanda fasilitas ternak di Victoria, Australia menghancurkan100 kontainer semen atau air mani sapi bernilai ribuan dolar.

Insiden ini menjadi pukulan besar bagi komunitas petani Victoria yang sebelumnya telah menderita akibat bencana kekeringan. Para petani rugu besar karena insiden ini terjadi menjelang musim inseminasi buatan.

Butuh 30 petugas pemadam kebakaran dan hampir tiga jam untuk mengatasi kebakaran yang melanda Yarram Herd Service di Gippsland pada Selasa (17/9/2019) dini hari.

Fasilitas inseminasi buatan itu menyimpan 100 silinder kriogenik yang berisi semen sapi. Semuanya telah hancur.

Wakil Ketua Komite Yarram Herd Service, Aaron Thomas, mengatakan banyak petani memiliki stok semen sapi di gedung tersebut. "Dan harganya bisa berkisar dari AUD5 per sedotan hingga AUD95 per sedotan," kata Thomas kepada ABC, Rabu (18/9/2019).

“Jadi ini adalah kerusakan signifikan dan akan berdampak pada Yarram, terutama setelah kekeringan yang dialami oleh distrik Yarram selama 12 bulan terakhir," ujarnya.

"Ini akan menjadi pukulan besar, terutama bagi petani kami," imbuh Thomas.

Otoritas Pemadam Kebakaran Negara (CFA) mengatakan silinder yang mengandung semen meledak selama kebakaran terjadi. "Ada sejumlah besar ledakan karena silinder kriogenik, karenanya CFA hadir," kata CFA melalui juru bicaranya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0421 seconds (0.1#10.140)