Putin Tawarkan Perisai untuk Lindungi Arab Saudi

Selasa, 17 September 2019 - 09:58 WIB
Putin Tawarkan Perisai untuk Lindungi Arab Saudi
Presiden Rusia Vladimir Putin tawarkan perisai udara untuk melindungi Arab Saudi. (Foto:Express.co)
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menawarkan sistem pertahanan Rusia S-400 untuk melindungi infrastuktur Arab Saudi. Tawaran ini disampaikan Putin setelah terjadinya serangan di kilang minyak milik Arab Saudi.

“Jika diperlukan, Rusia siap membantu Arab Saudi, setelah serangan terhadap industri minyak Saudi,” ungkap Putin setelah melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Turki dan Iran di Ankara, seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin (16/9).

"Kami siap memberikan bantuan masing-masing ke Arab Saudi, dan itu akan cukup bagi kepemimpinan politik Arab Saudi untuk membuat keputusan pemerintah yang bijak. Seperti yang dilakukan para pemimpin Iran pada waktu mereka dengan membeli S-300 dan Presiden Turki Tayyip Erdogan melakukannya dengan membeli sistem pertahanan udara 'Triumph' S-400 terbaru dari Rusia," papar Putin.

Menurut Putin, senjata-senjata Rusia ini akan melindungi setiap fasilitas infrastruktur milik Arab Saudi. Ketegangan di Timur Tengah telah meningkat, setelah serangan drone pada dua fasilitas minyak utama di Arab Saudi.

Serangan menjelang fajar pada hari Sabtu lalu itu merobohkan lebih dari setengah produksi minyak mentah dari eksportir utama dunia tersebut. Pemberontak Houthi Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Pemberontak Houthi juga memperingatkan Arab Saudi, bahwa target mereka "akan terus berkembang".

Meski Houthi telah mengaku berada di balik serangan tersebut, namun Amerika Serikat dengan cepat menuduh Iran berada di balik serangan itu. Namun, AS tak bisa memberikan bukti apa pun. Klaim itu ditolak oleh Teheran, yang mengatakan tuduhan itu dimaksudkan untuk membenarkan tindakan terhadapnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8516 seconds (0.1#10.140)