Catat! Buat Warga Sumut Bayar Pajak PBB Bisa di Bukalapak

Jum'at, 13 September 2019 - 18:35 WIB
Catat! Buat Warga Sumut Bayar Pajak PBB Bisa di Bukalapak
CEO Bukalapak Natalia Firmansyah menandatangani kesepahaman bersama Sekda DKI Jakarta Saefullah disaksikan Gubernur Anies Baswedan (kanan) di Jakarta, Jumat (13/9). Selain di Jakarta, warga Sumut bisa bayar PBB di Bukalapak.(Foto/KORAN SINDO/YULIANTO)
A A A
JAKARTA - Bukalapak berkomitmen terus memperkuat tata pemerintahan Indonesia lewat penerapan digital governance.

Sebagai langkah terbaru, kini Bukalapak dapat melayani pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk masyarakat Indonesia di 5 provinsi dan 16 kota di seluruh Indonesia di antaranya Provinsi Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Riau.

Seperti dilansir dari situs masing-masing pemerintah daerah yang telah bekerja sama dengan Bukalapak, Batas Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan DKI Jakarta akan jatuh sebentar lagi yaitu di 16 September 2019.

Sedangkan Kota Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi serta Kota dan Kabupaten Serang jatuh tempo pada 30 September 2019, serta Kota Binjai Sumatera Utara, jatuh tempo pada 30 November 2019.

CEO dan Founder Bukalapak Achmad Zaky mengungkapkan “Dengan batas pembayaran PBB yang sudah semakin dekat, kita harus memanfaatkan teknologi untuk memudahkan warga negara berkontribusi dalam peningkatan pendapatan daerah. Kami optimis langkah ini akan memaksimalkan potensi pendapatan daerah yang kemajuannya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” katanya, Jumat (13/9/2019) di Jakarta.

Pengamat Perpajakan dari Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo juga menilai langkah ini strategis dan berpotensi meningkatkan partisipasi pajak.

“Kepatuhan pajak salah satunya dipengaruhi oleh kemudahan administrasi, antara lain mekanisme pembayaran. Kemudahan pembayaran akan meningkatkan willingness to pay, yang pada akhirnya meningkatkan kepatuhan pajak,” ungkapnya saat dimintai keterangan.

Yustinus melanjutkan, inisiatif Bukalapak menyediakan platform pembayaran PBB melalui aplikasi ini bukan saja sebuah terobosan yang penting, tetapi juga kontribusi bagi ekosistem perpajakan agar semakin adil, transparan, dan akuntabel.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.1827 seconds (0.1#10.140)