Trump Tak Percaya, Israel Mata-matai Gedung Putih

Jum'at, 13 September 2019 - 17:44 WIB
Trump Tak Percaya, Israel Mata-matai Gedung Putih
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, dia tidak percaya Israel memata-matai dia atau AS. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan tidak percaya Israel memata-matai dirinya atau AS. Sebelumnya, Israel disebut telah menanam alat pengintai canggih yang disebut StingRays, di dekat Gedung Putih.

"Saya tidak berpikir orang Israel memata-matai kita. Saya benar-benar akan sulit percaya," kata Trump, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (13/9) dan mencatat bahwa segala sesuatu mungkin terjadi.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu sebelumnya dengan tegas menyangkal bahwa Israel telah menanam alat pengintai canggih di dekat Gedung Putih. Alat itu digunakan untuk menyadap panggilan telepon seluler dari Trump dan pejabat lainnya.

Bantahan itu dikeluarkan sebagai tanggapan atas laporan Politico, bahwa FBI meyakini Israel kemungkinan besar berada di belakang perangkat itu, yang mirip menara telepon seluler guna menyadap panggilan telepon yang tidak dienskripsi.

Kantor Perdana Menteri Israel menyebut tuduhan bahwa Israel memata-matai AS adalah sebuah kebohongan yang terang benderang."Ada komitmen yang sudah lama, dan arahan dari pemerintah Israel untuk tidak terlibat dalam operasi intelijen di AS. Arahan ini diberlakukan secara ketat tanpa kecuali,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan kantor Netanyahu.

Politico, mengutip trio mantan pejabat AS, mengatakan bahwa pemerintahan Trump tidak menegur orang Israel, dan tidak ada konsekuensi atas perilaku negara Zionis itu. StingRays dapat melacak lokasi dan memberikan informasi identitas pengguna ponsel. Alat tersebut juga dapat menyadap panggilan telepon dan penggunaan data.

FBI menemukan perangkat tersebut di dekat Gedung Putih dan sejumlah lokasi sensitif lainnya di wilayah Washington pada 2017.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8648 seconds (0.1#10.140)