Sedikitnya 12 Warga Kampung Tempel Sergai Terindikasi HIV, 4 Narkoba

Rabu, 11 September 2019 - 10:23 WIB
Sedikitnya 12 Warga Kampung Tempel Sergai Terindikasi HIV, 4 Narkoba
Kasat Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu didampingi Kadinkes Sergai dr Bulan Simanungkalit M.Kes, melakukan sosialisasi di Kampung Tempel, Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Sergai,Sumatera Utara,Selasa (10/9/2019).(Fo
A A A
SEDANG BEDAGAI - Tim gabungan Kepolisian Resor (Polres) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, mengidentifikasi 12 warga mengidap HIV (human immunodeficiency virus) dan 4 lainnya positif narkoba, di Kampung Tempel, Kelurahan Simpang Tiga Pekan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara.

Hal ini diketahui setelah tim gabungan Polri-Dinkes menggelar kampanye program gerakan empati Masyarakat Sakit (Gemas) untuk mempersiapkan Kampung Tempel menjadi Kampung Bersih dari Narkoba (Bersinar), Selasa (10/9/2019).

Kasat Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu, mengatakan kampanye Gemas diawali dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, tes urin dan HIV kepada 100 warga. "Sebagaimana yang kita harapkan, kegiatan ini nantinya dalam mengurangi bahaya penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang. Oleh karena itu, kita lakukan sosialisasi agar kampung Tempel menjadi kampung Bersinar," kata Kasat.

Dalam sosialisasi ini, petugas gabungan melakukan pemeriksaan kesehatan, tes turin dan HIV terhadap 100 warga. Hasilnya, kata Martulesi, ditemukan 4 warga positif narkoba. Oleh karena itu, empat warga yang sudah diketahui identitasnya dilakukan pembinaan agar menjauhi narkoba.

Sementara, Dinas Kesehatan juga mengidentifikasi 12 warga Kampung Tempel terindikasi HIV. "12 warga reaktif HIV, untuk itu mereka-mereka yang namanya sudah terdata untuk dilakukan pemeriksaan VCT dan Darah di Puskesmas. Mereka-mereka ini akan selalu dalam pengawasan petugas medis," kata Kadinkes Sergai, dr Bulan Simanungkalit,M.Kes.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0301 seconds (0.1#10.140)