Ashura Berdarah, 30 Umat Syiah Tewas di Kota Karbala

Rabu, 11 September 2019 - 05:47 WIB
Ashura Berdarah, 30 Umat Syiah Tewas di Kota Karbala
Lebih dari 30 orang tewas akibat berdesak-desakan dalam perayaan Ashura di Karbala, Irak. Foto/Istimewa
A A A
BAGDAD - Sebanyak 30 umat Syiah tewas dan belasan lainnya cedera pada Selasa (10/9/2019) akibat berdesak-desakan di sebuah kuil suci utama di kota Karbala Irak pada hari Ashura.

Ini adalah perayaan Ashura paling mematikan di Irak dalam sejarah, yang pawai peringatan sebelumnya telah menjadi target serangan dari kelompok ekstrimis.

Seperti dikutip dari AFP, ratusan ribu jamaah Syiah dari seluruh dunia mengerumuni Karbala untuk memperingati kematian cucu Nabi Muhammad, Hussein.

Proses peringatan itu penuh sesak dengan jamaah berpakaian hitam yang berjalan menuju kuil berkubah emas, sekitar 100 kilometer selatan Baghdad. Sambil membawa bendera, para jamaah berteriak: "Kami mengorbankan diri kami untukmu, Oh Hussein!"

Menurut Kementerian Kesehatan Irak, ketika kerumunan massa mendesak maju, satu bentrokan meletus yang menewaskan sedikitnya 31 orang dan 100 lainnya luka-luka.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Irak, Saif al-Badr, mengatakan jumlah korban jiwa bisa bertambah karena 10 orang yang terluka berada dalam kondisi kritis.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8686 seconds (0.1#10.140)