AS Pertimbangkan Berikan Sanksi kepada Turki Terkait Pembelian Rudal S-400

Selasa, 10 September 2019 - 08:09 WIB
AS Pertimbangkan Berikan Sanksi kepada Turki Terkait Pembelian Rudal S-400
Mnuchin mengatakan, pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi terkait pembelian Turki atas sistem rudal pertahanan udara S-400 buatan Rusia. Foto/Istimewa
A A A
WASHINGTON - Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin mengatakan, pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi terkait pembelian Turki atas sistem rudal pertahanan udara S-400 buatan Rusia.

Namun, Mnuchin menyebut sampai saat ini belum ada keputusan yang dibuat terkait hal ini.
"Kami melihat itu, saya tidak akan berkomentar tentang keputusan spesifik, tetapi kami sedang mempertimbangkanya," kata Mnuchin kepada wartawan di luar Gedung Putih ketika ditanya apakah Departemen Keuangan mempertimbangkan sanksi semacam itu, seperti dilansir Reuters pada Selasa (10/9).

Ankara dan Washington telah berselisih soal pembelian sistem S-400 Turki, yang AS katakan tidak kompatibel dengan pertahanan NATO dan menimbulkan ancaman bagi jet tempur F-35 buatan Lockheed Martin.

Washington sebelumnya telah memperingatkan Turki bahwa mereka akan menghadapi sanksi atas pembelian dan memindahkan negara itu dari program f-35, tetapi Ankara sejauh ini menolak peringatan tersebut.

Perselisihan tentang sistem rudal pertahanan udara adalah salah satu dari beberapa masalah yang membuat hubungan antara AS dan Turki tegang. Isu lain adalah mengenai situasi di Suriah.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1731 seconds (0.1#10.140)