Festival Layang-layang di Medan Marelan Digelar untuk Lestarikan Budaya Melayu

Senin, 09 September 2019 - 09:58 WIB
Festival Layang-layang di Medan Marelan Digelar untuk Lestarikan Budaya Melayu
Layang-layang yang akan diikutkan dalam festival di Medan Marelan.(foto : Rusli.HR/ iNews).
A A A
MEDAN - Lembaga Pemberdayaan Kecamatan Medan Marelan, menggelar festival layang-layang di Danau Siombak pesisir pantai Medan Utara, Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan, Minggu (8/9/2019).

Ini dilakukan sebagai pelestarian budaya melayu tersebut diikuti 100 peserta dari Kecamatan Medan Marelan dan layang-layang yang diperlombakan di antaranya jenis layang sari bulan, layang tanduk dan jenis layang paha ayam, yang dimulai pagi hari hingga petang harinya.

Festival ini, mendapat dukungan dari masyarakat sekitar dan juga selain dihadiri instansi pemerintah dari Kota Medan, juga dihadiri Theresa dari Inggris sebagai pengamat budaya Melayu dan budaya Minang.

Pengamat Budaya Melayu dan Budaya Minang ini mengatakan, sangat senang sekali dapat hadir langsung melihat. Di berharap dapat dipertahankan, agar budaya Melayu seperti layang-layang ini tidak hilang.

Theresa mengharapkan, ke depannyalebih ditingkatkan lagi, dengan mengikutkan peserta selain dari Indonesia juga dapat mengikutkan peserta dari Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam dan bila perlu mengikut sertakan peserta dari Asia Tenggara dan Eropa.

Sementara itu pihak panitia pelaksana mengatakan, final pestival layang-layang ini nantinya, akan dilaksanakan hingga 15 September 2019.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0533 seconds (0.1#10.140)