RSU TKS Pematangsiantar Gelar Bakti Sosial Pemeriksaan Ibu Hamil Gratis

Rabu, 04 September 2019 - 11:10 WIB
RSU TKS Pematangsiantar Gelar Bakti Sosial Pemeriksaan Ibu Hamil Gratis
Pemeriksaan ibu hamil dilakukan dr Fitrianti,Sp.OG didampingi tim promosi RSU TKS Pematangsiantar di Puskesmas Simpang Bah Jambi, Simalungun,Rabu (4/9/2019).(Foto/Sindonews/Ricky Fernando Hutapea)
A A A
SIMALUNGUN - Angka kematian ibu dan bayi baru lahir masih tinggi di Indonesia yang salah satu penyebabnya rendahnya kesadaran ibu hamil memeriksakan perkembangan kehamilan dan memberikan asupan gizi yang cukup kepada bayi.

Dalam acara bhakti sosial pemeriksaan ibu hamil gratis dengan alat USG Portable yang dilaksanakan RSU Tiara Kasih Sejati (TKS) Pematangsiantar bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Simpang Bah Jambi,Rabu (4/9/2019),dokter Fitrianti,Sp.OG mengatakan,angka kematian ibu dan bayi baru lahir di Indonesia mencapai 305 per 100 ribu kelahiran.

Padahal menurut Fitrianti,target yang dicanangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah 102 per 100.000 kelahiran.

" Tingginya angka kematian ibu dan bayi baru lahir di Indonesia salah satu penyebabnya kurangnya atau rendahnya kesadaran ibu hamil memeriksakn perkembangan kehamilan mengkonsumsi makanan bergizi dan tidak memberikan asupan gizi yang cukup kepada bayinya," ujar Fitrianti.

Karena itu Fitrianti mengatakan pemeriksaan ibu hamil sangat penting rutin dilakukan,baik.kepada bidan,maupun dokter,sehingga setiap perkembangan bayi diketahui dan kondisi kesehatan ibu hamil juga dapat dikontrol secara rutin.

Tim promosi RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar ,Donny Tahapary dalam acara itu menyampaikan bhakti sosial pemeriksaan ibu hamil di Puskesmas Simpang Bah Jambi merupakan upaya membangun hubungan baik dengan masyarakat dan Puskesmas sebagai mitra kerja dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Simalungun.

" Melalui bhakti sosial pemeriksaan ibu hamil dengan alat USG Portable diharapkan masyarakat mengenal lebih dekat RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar yang berperan aktif mendukung pemerintah memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas kepada masyarakat," ujar Donny.

Sebelumnya Kepala Puskesmas Simpang Bah Jambi,Marince Marpaung,S.Kep,M.Kep mengatakan,sangat mengapresiasi bhakti sosial yang dilaksanakan RSU Tiara Kasih Sejati,yang diharapkan bisa memotivasi ibu hamil untuk peduli memeriksakan perkembangan kehamilan.

" Saya mengapresiasi RSU Tiara Kasih Sejati melakukan bhakti sosial memeriksa ibu hamil,yang diharapkan memotivasi ibu hamil peduki memeriksakan kehamilannya," kata Marince.

Salah seorang ibu hamil,Maryani juga bersyukur bisa memeriksakan kondisi kehamilannya secara gratis.

" Saya bersyukur RSU Tiara Kasih Sejati melaksanakan bhakti sosial pemeriksaan ibu hamil gratis,sehingga saya mengetahui kondisi bayi saya dan kesehatan saya sendiri," ujar Maryani.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5316 seconds (0.1#10.140)