Penyu Berbobot 100 Kg Temuan Nelayan Tapteng Akhirnya Dilepas

Senin, 02 September 2019 - 17:06 WIB
Penyu Berbobot 100 Kg Temuan Nelayan Tapteng Akhirnya Dilepas
Seekor Penyu berbobot berbobot 100 kilogram yang sebelumnya terjaring nelayan di Pantai pesisir Kabupaten Tapanuli, Sumatera Utara, akhirnya dilepasliarkan.(Foto:SINDOnews/Ist)
A A A
TAPANULI TENGAH - Seekor Penyu berbobot 100 kilogram yang sebelumnya terjaring nelayan di Pantai pesisir Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut) akhirnya kembali dilepas ke alamnya. Pelepasan didampingi tim gabungan Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab), Babhinkamtibmas Kota Beringin Hadi Sitanggang dan Danposmat Gunung Kecamatan Tapian Nauli, Lambok Marbun.

Pelepasan dilakukan di Perairan Pantai Desa Tapian Nauli I. Penyu diturunkan dari karung dengan diangkat 6 orang. Karung dan tali yang mengikat penyu diputus dan digiring menuju Laut. Dengan cepat, Penyu itu berenang dan kembali ke habitatnya. Penyu itu sebelumnya dibawa menggunakan Becak bermotor oleh dua nelayan yang tak sengaja menjaring Penyu berjenis Sisik (Eretmochelys imbricata).

Rencana awal hendak dijual, namun akhirnya mendapat informasi bahwa Penyu itu dilindungi. "Sudah sempat ada yang menawar, harganya Rp600 ribu, tapi kami ditelpon kalau Penyu itu dilindungi. Jadi kami batalkan menjualnya," kata nelayan yang menjaring Penyu, Nurdin Simatupang, Senin (2/9/2019).

Dijelaskannya, Penyu itu terjaring di Perairan Pulau Poncan Gadang, Kota Sibolga, saat dia dan rekannya Mahmud Siregar menjaring. "Baru kali ini kami dapat Penyu dan memang di Perairan Poncan itu jarang terlihat Penyu," ujar Simatupang.

Informasi terjaringnya Penyu itu berawal video dan foto yang berhasil diabadikan seorang sumber Komunitas. Tim Komantab akhirnya bergerak dan berkordinasi dengan instansi terkait. Penelusuran dilakukan dan akhirnya bertemu dengan dua nelayan yang menjaring Penyu itu.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.6001 seconds (0.1#10.140)