Gudang PPK Gunungsitoli Diduga Disengaja Dibakar OTK

Minggu, 05 Mei 2019 - 22:28 WIB
Gudang PPK Gunungsitoli Diduga Disengaja Dibakar OTK
Polres Nias memasang garis polisi di lokasi kebakaran Kantor Camat Gunungsitoli yang juga menjadi gudang logistik Pemilu 2019 tingkat kecamatan, Sabtu (4/5/2019). (Foto: iNews/Iman Jaya Lase)
A A A
NIAS - Penyebab kebakaran Kantor Camat Gunungsitoli, Sumatera Utara (Sumut), yang juga gudang logistik Pemilu 2019 tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hingga kini belum diketahui. Informasi yang berkembang, kantor tersebut diduga disengaja dibakar oleh orang tidak dikenal (OTK), Sabtu pagi (4/5/2019).

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan mengatakan, saat ini Tim Laboratorium dan Forensik Polda Sumut tengah menyelidiki asal api yang membakar Kantor Camat Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli. Kebakaran itu juga menghanguskan logistik Pemilu yang sebelumnya tersimpan di kantor camat.

“Kami belum bisa memastikan penyebab Kantor Camat Gunungsitoli terbakar dan juga logistik pemilu yang turut terbakar di sana. Masih diselidiki penyebabnya,” kata Kapolres Nias di Gunungsitoli.

Mengenai informasi beredar yang menyebutkan kantor Camat Gunungsitoli terbakar karena disengaja OTK, Kapolres Nias mengatakan, belum bisa memastikan.“Soal isu ada unsur kesengajaan atau pelemparan bom molotov, tim labfor sedang melakukan pemeriksaan di lokasi yang terbakar,” tegasnya.

Dia mengatakan, berdasarkan informasi awal yang diperoleh dari lapangan, api yang membakar kantor Camat Gunungsitoli mulai membesar Sabtu dini hari sekitar pukul 03.40 WIB. Personel Polres Nias yang sedang berjaga langsung menghubungi pemadam kebakaran dan sempat menyelamatkan fomulir DA A1 dan satu unit laptop.

Untuk diketahui, pascakebakaran, beredar informasi di sejumlah group WhatsApp bahwa kebakaran Kantor Camata Gunungsitoli yang menghanguskan logistik PPK Gunungsitoli, diduga disebabkan oleh ulah OTK.

Dari informasi di sejumlah media sosial, salah seorang petugas kepolisian yang berjaga di gudang logistik saat kejadian mendengar ada suara benda keras dari arah pintu Kantor Camat Gunungsitoli. Dalam waktu singkat, api sudah membesar.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli Firman Gea mengatakan, menyerahkan sepenuhnya penanganan kebakaran Kantor Camat Gunungsitoli yang menjadi gudang logistik Pemilu 2019 tingkat kecamatan kepada Polres Nias. “Kami tidak bisa menyimpulkan penyebab kebakaran. Kami percayakan kepada polisi untuk menanganinya,” ujarnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3491 seconds (0.1#10.140)