Polda Sumut Kirim 500 Pasukan Brimob ke Papua dan Papua Barat

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 13:40 WIB
Polda Sumut Kirim 500 Pasukan Brimob ke Papua dan Papua Barat
Polda Sumatera Utara ikut membantu mengamankan situasi di Papua dan Papua Barat dengan mengerahkan 500 personel Brimob. (Foto/Dok)
A A A
MEDAN - Polda Sumatera Utara ikut membantu mengamankan situasi di Papua dan Papua Barat dengan mengerahkan 500 personel Brimob.

Pemberangkatan pasukan ini untuk memastikan situasi keamanan dan ketertiban, serta pemulihan pascademo berujung anaksistis di daerah tersebut pada beberapa waktu lalu.

"Iya jadi ada sekitar 500 personel Brimob yang kami kirim ke Papua. Mereka akan dilibatkan untuk memulihkan keamanan di Provinsi Papua dan Papua Barat," ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmadja, Sabtu (31/8/2019).

Dia menjelaskan, pelepasan personel diberangkatkan secara bertahap Markas Brimob Tanjung Morawa, Deliserdang sejak Jumat (30/8/2019).

"Pasukan yang diberangkatkan pada gelombang pertama sebanyak 250 orang. Mereka langsung diterbangkan ke Jayapura. Selanjutnya, sisa personel lain menunggu keberangkatan gelombang berikutnya," kata Tatan.

Menurutnya, personel Brimob dikirim untuk tugas operasi pengamanan dengan cara persuasif.

"Seperti penegasan Pak Kapolda, personel harus mengutamakan cara-cara kemanusiaan dalam bertugas. Persuasif. Tidak ada yang menggunakan peluru tajam. Selain itu, fokus untuk menyelamatkan warga, termasuk harta benda mereka," ucapnya.

Sementara menyangkut masa tugas, Tatan belum dapat memastikan berapa lama ratusan personil ini akan ditempatkan di Papua.

"Belum bisa dipastikan sampai kapan. Fokus kami pada pemulihan. Jika sudah kondusif, maka akan ditarik," tuturnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5104 seconds (0.1#10.140)