Iran Siap untuk Berdialog dengan AS

Kamis, 29 Agustus 2019 - 16:37 WIB
Iran Siap untuk Berdialog dengan AS
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, pihaknya siap untuk menggelar dialog dengan Amerika Serikat (AS).(Foto/Reuters)
A A A
TEHERAN - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan siap untuk menggelar dialog dengan Amerika Serikat (AS). Namun, Zarif menyebut ada sejumlah syarat yang harus dipatuhi AS, jika ingin dialog itu terealisasi.

Zarif mengatakan, AS harus mematuhi perjanjian nuklir 2015 dan berhenti terlibat dalam terorisme ekonomi terhadap rakyat Iran. Ini harus dilakukan jika Washington ingin bertemu untuk mengadakan pembicaraan.

"AS terlibat dalam perang ekonomi melawan rakyat Iran dan tidak mungkin bagi kami untuk terlibat dengan Amerika Serikat, kecuali mereka berhenti memaksakan perang dan terlibat dalam terorisme ekonomi terhadap rakyat Iran," kata Zarif.

"Jadi jika mereka ingin kembali ke ruangan, ada tiket yang harus mereka beli dan tiket itu untuk mematuhi perjanjian," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (29/8).

Zarif mengatakan, Iran tidak ingin bertemu dengan AS hanya untuk sebatas seremonial. "Kita perlu bertemu jika ada hasilnya," katanya.

Presiden AS, Donald Trump awal pekan ini mengatakan, ia akan bertemu Presiden Iran, Hassan Rouhani dalam keadaan yang tepat untuk mengakhiri konfrontasi atas kesepakatan nuklir 2015. Dia juga mengatakan bahwa pembicaraan sedang dilakukan untuk melihat bagaimana negara-negara dapat membuka jalur kredit untuk menjaga perekonomian Iran tetap bertahan.

Namun, Rouhani kemudian mengatakan dia tidak akan melakukan pembicaraan dengan Trump, sebelum sanksi terhadap Iran dicabut.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8670 seconds (0.1#10.140)