Satgas Rafi Pertamina MOR I Siagakan Stok Elpiji dan Avtur

Minggu, 05 Mei 2019 - 09:59 WIB
Satgas Rafi Pertamina MOR I Siagakan Stok Elpiji dan Avtur
Diprediksi akan mengalami kenaikan kebutuhan, Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mulai menyiapkan kebutuhan elpiji dan avtur. Foto/Dok
A A A
MEDAN - Satuan tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mulai menyiapkan kebutuhan elpiji dan avtur.

Sedangkan untuk avtur masih terdampak penurunan jumlah penerbangan. Pertamina MOR I menyiagakan dua SPBU Modular di jalur tol Medan - Tebing tinggi. Di sisi elpiji, lanjut Roby, Satgas Rafi mengestimasi penambahan konsumsi elpiji 3 kg subsidi sebesar 9 persen atau setara dengan hampir 416.500 tabung per hari untuk Sumut.

Penambahan konsumsi pun diperkirakan terjadi pada epiji non subsidi seperti Bright Gas. Konsumsinya diestimasi sebesar 24.000 tabung per hari atau meningkat 10 persen dari konsumsi normal.

Depot, agen dan pangkalan elpiji akan tetap melayani konsumen meski di hari libur. Disamping itu, disiapkan cadangan pasokan dan operasi pasar jika diperlukan.

"Kami menghimbau masyarakat untuk membeli BBM di SPBU dan elpiji di pangkalan resmi Pertamina dengan harga standar. Stok tersedia mencukupi, karena rata-rata ketahanan stok mencapai lebih dari 20 hari," ujar Roby, Minggu (5/5/2019).

Adapun untuk kebutuhan avtur, diperkirakan terjadi peningkatan konsumsi sebesar 5 persen pada H-4 hingga H-2 lebaran. Pada saat arus balik di H+2 sampai H+3 lebaran, diprediksi peningkatan sebesar 7 persen.

Namun secara keseluruhan, konsumsi avtur Januari hingga Mei 2019 mencatat penurunan sebesar 21 persen. Hal ini disebabkan berkurangnya jumlah penerbangan dari maskapai.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.7956 seconds (0.1#10.140)