alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bunda, Yuk Buat Opor Sayap Ayam Baso untuk Persiapan Puasa

Tedy Ahmad
Bunda, Yuk Buat Opor Sayap Ayam Baso untuk Persiapan Puasa
Masih bingung memilih masakan untuk santap sahur di hari pertama? Buat saja Opor Sayap Ayam Baso. Rasanya yang lezat bisa membangkitkan selera. Foto/Instagram.

MEDAN - Opor Sayap Ayam Baso bisa menjadi menu pilihan alternatif bersantap di sahur atau berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Ini karena rasanya yang lezat sehingga bisa meningkatkan nafsu saat bersantap.

Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 08.00 WIB. Berikut cara mengolahnya.



Bahan 1:
6 buah sayap ayam, potong 2 bagian
10 buah baso sapi, kerat
1 sdt bawang goreng

Bahan 2: (dirajang)
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih

Bahan 3:
6 sdm minyak goreng
500 ml santan sedang kentalnya
1 saset Desaku Bubuk Opor
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
250 ml santan kental
1 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk

Cara Membuat:

Rajang bahan 2. Tumis bawang putih dengan 6 sdm minyak goreng hingga kekuningan. Masukkan bawang merah, tumis kembali hingga harum dan mulai kekuningan. Larutkan Desaku Bubuk Opor dengan santan sedang kentalnya, aduk hingga rata. Masukkan larutan ke dalam tumisan dan masak kembali hingga bumbu larut dan mengembang.

Masukkan serai dan daun jeruk, aduk-aduk. Masukkan garam dan gula pasir, aduk rata hingga larut. Kecilkan api, masukkan sayap ayam, masak hingga sayap ayam matang.

Tambahkan baso sapi, masak hingga baso matang dan menyerap dengan bumbu. Masukkan santan kental, lalu aduk hingga mulai mendidih, matikan api. Sajikan selagi panas dengan taburan bawang goreng.



(vhs)

loading...