Ragam Ekspresi, Apresiasi, Kreasi, hingga Harmoni Dalam Satu Balutan

Senin, 26 Agustus 2019 - 11:12 WIB
Ragam Ekspresi, Apresiasi, Kreasi, hingga Harmoni Dalam Satu Balutan
Andika Wardhani dan Patrick William Burston, pendiri dan guru, Arts Prima International Music School Jakarta, tampil dalam konser, bertajuk, A Tribute to Indonesia yang digelar di Galeri Indonesia Kaya, Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (25/0
A A A
JAKARTA - Hanya musik yang memiliki kapasitas menyeberangi batas-batas sosial dan budaya. Hingga tak heran musik sebagai sarana menampakkan ekspresi, apresiasi, kreasi, dan harmoni.

Berpedoman pada teori itulah, Arts Prima International Music School mengggas karya besar dengan menggelar konser bertajuk, ”A Tribute to Indonesia”. Acara ini digelar Galeri Indonesia Kaya, Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (25/08/2019).

”A Tribute to Indonesia” adalah konten pendidikan seni musik yang diintegrasikan dengan pendidikan multikultural. Mampilkan para siswa usai belasan tahun, dan guru-guru Arts Prima International Music School. Memainkan berbagai instrumen musik, antara lain; piano, drum, guitar, bass, dan vokal. Membawakan lagu-lagu perjuangan berkonten lokal karya anak bangsa, serta mengenakan busana daerah khas Indonesia.

“Konser ini bertujuan membantu para siswa untuk pengembangan dan pengenalan identitas etnik, hubungan interpersonal, dan pemberdayaan diri. Ketiga dimensi ini diharapkan dapat membantu mengembangkan kemampuan; potensi kognitif peserta didik,” ujar Pendiri Arts Prima International Music School, Andika Wardhani, kepada wartawan usai konser dalam siaran persnya yang diterima Senin (26/8/2019).

Andika menjelaskan, ”A Tribute to Indonesia” adalah konser rutin yang diselenggarakan lembaganya. “Konser tahunan ini selalu dilaksanakan sebagai bentuk dari komitmen kami terhadap pendidikan musik di Indonesia untuk kecerdasan anak-anak bangsa. Kami berharap upaya ini dapat meningkatkan rasa percaya diri para siswa, mengasah talenta dan juga sekaligus melestarikan budaya bangsa,” ujarnya lagi.

Walau peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia sudah berlalu, namun Andika tetap merasa perlu menyematkan momentum tersebut dalam perhelatan musik ini. Setidaknya ada beberapa hal penting, menurutnya, yang dapat dikaitkan dengan fungsi, dan makna perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan. Bahwa euforia kegiatan tersebut bisa menjadi wahana penting untuk membangkitkan sekaligus menumbuhkan semangat nasionalisme.

“Tema ‘a tribute to Indonesia’ diharapkan benar-benar akan menjadi sebuah penghormatan kepada Indonesia yang kita cintai,” kata Andika, yang dalam konser ini juga tampil memainkan karya komponis dari New Zealand, berjudul, ’Sepuluh Jari’.
Ragam Ekspresi, Apresiasi, Kreasi, hingga Harmoni Dalam Satu Balutan

Arts Prima International Music School didirikan Andika Wardhani, seorang seniman Indonesia yang mendapat gelar Master of Music dari Monash University Australia. Sekolah musik ini didukung beberapa tenaga ahli, antara lain, Patrick William Burston, yang juga Master of Music Studies dari Monash University.

“Anak-anak Indonesia tidak kalah hebat di banding anak-anak dari Negara lain, seperti anak-anak Eropa dan Amerika. Mereka sangat berpotensi. Tapi mereka hanya sedikit kurang percaya diri. Perlu memberi sarana (pertunjukan) buat mereka. Dengan perform mereka menemukan pengalaman lain dari sekedar belajar di dalam kelas. Tampil berhadapan langsung dengan penonton. Mereka belajar kerja tim dan dari pengalamannya itu dapat menimbulkan empati dan menghargai orang lain,” ujar Patrick William Burston, ikut menyaksikan penampilan murid-muridnya.

Arts Prima International Music School terletak di jalan Karang Tengah Raya No. 9P Bona Indah Bisnis Center, Jakarta Selatan. Lembaga ini memiliki beberapa kelas pengajaran pendidikan musik, meliputi instrumen piano, guitar, bass, vokal, dan drum. Peserta didik dilatih, dibimbing, dan diarahkan oleh para guru berkompeten, merupakan sarjana musik yang aktif di bidangnya, serta bersertifikasi.

Bidang pengajaran mengacu pada Trinity London College. Merupakan kurikulum berbasis internasional, yang juga menghasilkan sertifikasi bertaraf internasional. Sertifikasi tersebut diharapkan dapat menjadi investasi jangka panjang bagi para siswa Arts Prima International Music School.

Bersama Arts Prima Foundation, lembaga pendidikan musik ini sebelumnya sukses menggelar konser musik amal bertajuk, ”Music For Hope Benefit Concert” . Acara ini berlangsung di Intercontinental Hotel Pondok Indah, Jakarta Selatan, bulan Mei 2019 lalu.

Menampilkan pianis kelas dunia asal Italy, Niccolo Ronchi berkolaborasi dengan Dhikapatrick. Tampil juga grup opera yang pernah mewakili Indonesia di Semi Final 'Asia's Got Talent', *The Brothers, sebagai bintang tamu, serta penampilan para siswa Arts Prima International Music School
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4603 seconds (0.1#10.140)