Sebulan Lagi Mau Bebas, 2 Napi Lapas Pematangsiantar Malah Kabur

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 13:26 WIB
Sebulan Lagi Mau Bebas, 2 Napi Lapas Pematangsiantar Malah Kabur
Satu dari dua warga binaan LP Pematangsiantar Surya Darma Sitorus (34) yang kabur namun berhasil ditangkap kembali.(Foto/Sindonews/Ricky F Hutapea)
A A A
PEMATANGSIANTAR - Dua orang narapidana di Lapas Pematangsiantar nekat melarikan diri. Keduanya padahal tahanan pendamping (tamping) yang akan segera bebas.

Kedua napi tersebut yakni, Ebenejer Gultom (32) warga Jalan Hau Hole, Kelurahan Parsaoran, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir dan Surya Darma Sitorus (34) warga Kelurahan Naga Pitu, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar. Meski berhasil kabur, satu diantaranya telah diamankan kembali.

"Sebulan lagi akan bebas. Keduanya bekerja sebagai tamping di luar Lapas dan sudah lebih kurang satu setengah bulan sebagai tamping luar," kata Humas Lapas Pematangsiantar Hiras Silalahi,kepada Sindonews.com, Jumat (23/8/2019).

Kedua napi itu, lanjut Hiras sebenarnya sudah mendapatkan remisi dan CB (cuti bersyarat). Bahkan SK keduanya sudah turun. Sebagai tamping, keduanya bertugas membersihkan di luar tembok Lapas.

Petugas mengetahui kedua napi itu kabur saat serah terima tugas tamping dengan tugas jaga baru pada Kamis (22/8/2019) sekitar jam 13.30 WIB," jelasnya.

Pada saat dilakukan pendataan, dari 8 orang tamping yang bertugas dua orang narapidana tersebut sudah tidak ada lagi. Diduga, keduanya kabur sekitar pukul 11.00 atau 12.00 WIB.

Setelah melapor ke Kalapas (Kepala Lapas), pencarian pun dilakukan. Alhasil, salah satu Surya Dharma Sitorus berhasil ditangkap lagi di sebuah perladangan di kawasan Parapat.

Akibat perbuatannya, kedua napi tersebut batal menghirup udara bebas. Pihak Lapas pun akan mencabut hak kedua napi itu berupa pencabutan remisi dan usulan cuti bersyaratnya.

"Ya berarti dia 'jalan kaki' sesuai masa hukumannya," tegas Hiras

Lebih lanjut dikatakannya, Ebenejer Gultom (32) dan Surya Darma Sitorus (34) juga akan ditempatkan di sel khusus.

Kapolsek Bangun AKP B Manurung yang dikonfirmasi mengatakan setelah mendapat informasi adanya napi kabur dari LP Pematangsiantar pihaknya ikut melakukan pencarian bersama tim Polres Simalungun dan akhirnya berhasil ditangkap sebelum kabur jauh.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9216 seconds (0.1#10.140)