Marinir TNI AL Ajari Marinir AS Belajar Jungel Survival di Hutan Tropis

Kamis, 22 Agustus 2019 - 17:39 WIB
Marinir TNI AL Ajari Marinir AS Belajar Jungel Survival di Hutan Tropis
Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) belajar survival di hutan tropis Selogiri Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (22/08/2019). (Foto/SINDOnews/Ali Masduki)
A A A
BANYUWANGI - Personel Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 menggelar latihan jungle survival di hutan tropis.

Latihan digelar di hutan tropis Selogiri Ketapang, Jatim, Kamis (22/08/2019). Kegiatan yang dipantau langsung Letkol USMC Paik, Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, Pabandya Sops Kormar Kapten Marinir Bagus Sutrisno dan Kapten USMC Alfarado tersebut merupakan salah satu materi yang dilatihkan dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 yang bertujuan untuk mengenalkan cara bertahan hidup di hutan kepada peserta Latma Platex 2019.

Dengan dipandu Serma Marinir Dedi Rochaedi dibantu Kopda Marinir Taufik Hidayat beserta sejumlah pelatih dari Batalyon Infanteri 3 Marinir lainnya memberikan penjelasan tentang tata cara bertahan hidup di hutan dengan memperkenalkan berbagai jenis tanaman hutan yang bisa dimakan secara langsung (tanpa harus dimasak terlebih dulu).
Marinir TNI AL Ajari Marinir AS Belajar Jungel Survival di Hutan Tropis

Selain itu juga makanan yang tidak bisa dimakan serta memperkenalkan sekaligus mempraktikkan cara menangkap dan memasak sejumlah binatang buas, antara lain biawak dan ular. Selain itu juga diperkenalkan cara membuat jebakan atau perangkap untuk menangkap hewan.

Prajurit Marinir Amerika cukup antusias dalam mengikuti materi latihan yang diberikan prajurit andal dari Korps Marinir TNI AL tersebut. Meski mulanya terlihat agak geli, ada beberapa prajurit Marinir Amerika terus melakukan tekadnya untuk mencoba mencicipi sejumlah botani dan hewani yang telah dicontohkan terlebih dulu oleh prajurit Korps Marinir TNI AL, bahkan beberapa di antara mereka ada yang mencoba menangkap ular.

Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan, sebelum melaksanakan latihan jungle survival, Marinir kedua negara juga mendapat materi tentang kesehatan lapangan yang disampaikan oleh Letda Laut (K) dr. Murdono.
Marinir TNI AL Ajari Marinir AS Belajar Jungel Survival di Hutan Tropis

Sementara itu, para prajurit Marinir Amerika dibawah pimpinan Kapten USMC Alfarado begitu antusias dalam materi pengenalan botani.

“Ini merupakan pengalaman baru bagi kami, selama mengikuti latihan bersama dengan Negara-negara lain, baru sekarang ini kami mengetahui tata cara bertahan hidup di hutan dengan berbagai jenis tanaman hutan yang bisa dimakan secara langsung dan yang tidak bisa dimakan,” kata Kapten USMC Alfarado.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7170 seconds (0.1#10.140)