Puluhan Imigran Unjuk Rasa di Depan Kantor UNHCR dan IOM di Medan

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:19 WIB
Puluhan Imigran Unjuk Rasa di Depan Kantor UNHCR dan IOM di Medan
Puluhan imigran pencari suaka dari berbagai negara berunjuk rasa di depan kantor UNHCR di Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Kamis (22/8/2019) siang. (Foto/Inews TV/Ahmad Ridwan Nasution)
A A A
MEDAN - Puluhan imigran pencari suaka dari berbagai negara berunjuk rasa di depan kantor United Nations High Commissioner For Refugees (UNHCR) di Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Kamis (22/8/2019) siang.

Aksi ini sebagai bentuk kekesalan terhadap organisasi UNHCR yang tak kunjung memberangkatkan mereka ke negara-negara tujuan suaka seperti Australia, Selandia Baru, Amerika dan Kanada.

Padahal sebelumnya mereka sudah lama tinggal di Indonesia yang berlokasi di penampungan di Medan. Selama tinggal di Medan, para pengungsi asal Sudan, Somalia, Etiophia, Palestina, Irak, Afghanistan dan Sri Lanka dan beberapa negara lainnya ini tak bisa bekerja.

Sebab negara maupun UNHCR tak memperbolehkan mereka bekerja. Selama ini para imigran ini hanya mengharapkan dana bantuan dari PBB yang dikelola oleh lembaga non-pemerintah International Organization For Migration (IOM) dan UNHCR.

Rata-rata seorang imigran mendapat bantuan biaya hidup sebesar Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta per bulan. Menurut mereka angka tersebut tak cukup untuk membiayai kehidupan mereka di kota besar seperti Medan.

Belum lagi tidak sedikit para imigran ini yang telah berkeluarga. Di sisi lain/, mereka tak diperbolehkan mencari kerja untuk mendapat penghasilan tambahan.

“Bahkan beberapa dari mereka mengatakan bahwa uang donasi dari negara-negara lain untuk mereka dipangkas oleh IOM,” Said, imigran asal Iran.

Masalah lainnya, anak-anak mereka juga tidak bisa mendapat pendidikan formal selama tinggal di Indonesia. Belum lagi dengan biaya kesehatan yang juga tak mereka peroleh.

Hal inilah yang memaksa mereka turun jalan dan meminta pemerintah indonesia dan unhcr segera memberangkatkan mereka ke negara tujuan suaka selanjutnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8391 seconds (0.1#10.140)