Pertempuran Terjadi di Perbatasan Kashmir Tewaskan 35 Orang

Rabu, 21 Agustus 2019 - 14:41 WIB
Pertempuran Terjadi di Perbatasan Kashmir Tewaskan 35 Orang
Pertempuran yang terjadi di perbatasan Kashmir baru-baru ini telah menewaskan 35 orang. Foto/Istimewa
A A A
ISLAMABAD - Seorang pejabat tinggi di Pakistan menyebutkan, ertempuran lintas perbatasan yang terjadi baru-baru ini dengan India menewaskan puluhan orang dan melukai ratusan lainnya.

"Baku tembak tanpa henti sedang berlangsung. Orang India telah menggunakan amunisi tandan dalam bentrokan ini. Sejauh ini, hampir 35 orang tewas, ratusan orang terluka, rumah-rumah, toko-toko dan tanaman hancur sementara ternak juga terbunuh," kata Presiden Kashmir wilayah Pakistan, Masood Khan, seperti dikutip dari VOA, Rabu (21/8/2019).

Namun Khan tidak menjelaskan apakah korban tewas adalah warga sipil atau kerugian militer yang ditimbulkan. Khan memperingatkan baku tembak intensif telah berkembang menjadi krisis serius, dan itu bisa menjadi taktik India untuk melancarkan serangan besar-besaran terhadap wilayahnya.

Tentara Pakistan sejauh ini mengkonfirmasi empat tentaranya dan beberapa warga sipil tewas dalam lebih dari dua minggu pertempuran di Kashmir.

Juru bicara militer Pakistan Mayor Jenderal Asif Ghafoor mengatakan, tiga warga sipil lagi tewas dalam bentrokan terbaru pada Selasa kemarin. Ia mengklaim pasukan Pakistan menewaskan setidaknya enam tentara India dalam serangan balasan. Tidak dimungkinkan untuk mencari verifikasi independen atas klaim yang dibuat oleh kedua belah pihak tentang pertempuran yang sedang berlangsung.

Eskalasi militer berasal dari penghapusan kontroversial otonomi konstitusional terbatas berusia puluhan tahun Kashmir bagian India oleh New Delhi awal bulan ini, memecah wilayah itu menjadi dua wilayah persatuan.

Islamabad dengan cepat menolak dan mengutuk langkah yang ditetapkan pada 5 Agustus itu sebagai pelanggaran pengertian bilateral, juga internasional, yang menghalangi kedua negara untuk mengubah status Kashmir.

Tindakan India untuk membatalkan status khusus untuk satu-satunya negara berpenduduk mayoritas Muslim di negara itu disertai dengan jam malam yang luas dan pemutusan komunikasi, memotong jutaan warga Kashmir dari seluruh dunia. Laporan media India mengatakan hampir 4.000 pemimpin politik, aktivis dan perwakilan masyarakat sipil juga telah ditangkap untuk mencegah reaksi kekerasan.

Baik India dan Pakistan mengklaim wilayah Kashmir secara keseluruhan. Kedua negara telah berperang dua kali di wilayah tersebut, sementara pertempuran di seberang perbatasan de facto Kashmir, yang dikenal sebagai Garis Kontrol, telah menjadi rutinitas yang hampir terjadi setiap hari.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.5022 seconds (0.1#10.140)