MUI Undang UAS Bahas Ceramah yang Dituduh Menodai Simbol Agama

Rabu, 21 Agustus 2019 - 10:18 WIB
MUI Undang UAS Bahas Ceramah yang Dituduh Menodai Simbol Agama
Ustadz Abdul Somad (Foto:Ilustrasi/Okezone)
A A A
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengundang Ustadz Abdul Somad (UAS) untuk bertemu di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta Pusat, pada hari ini. Rencana pertemuan kali ini untuk membahas video ceramah UAS yang sedang viral dan berujung laporan ke pihak kepolisian.

Wakil Ketua Umum (Waketum) MUI, Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, pihaknya telah mengundang Ustadz Abdul Somad untuk datang ke kantor dalam rangka klarifikasi sebuah video yang sedang viral dan silaturahmi.

"Sesuai dengan hasil keputusan Rapat Pimpinan Harian MUI hari Selasa, 20 Agustus 2019 yang menyepakati akan mengundang Ustadz Abdul Somad (UAS) untuk bersilaturahmi sekaligus klarifikasi," kata Zainut kepada Okezone, Rabu (21/8/2019).

Dijelaskan Zainut, MUI akan menggali keterangan dari Ustadz Abdul Somad terkait video yang viral dan dipermasalahkan sejumlah pihak. Rencananya, MUI akan bertemu dengan Ustadz Abdul Somad sekira pukul 15.00 WIB.

"Kami ingin menggali informasi dari beliau untuk mengetahui secara detail tentang kronologi permasalahan agar nantinya tidak salah dalam mengambil keputusan, maka kami perlu bertabayyun terlebih dulu dengan yang bersangkutan dan insyaallah beliau siap bertemu dengan kami hari ini jam 15.00 di Kantor MUI"? ucapnya.

Menurut Zainut, MUI akan memposisikan diri sebagai mediator atau penengah dalam menyelesaikan masalah ini. MUI berharap setelah adanya pertemuan dengan Ustadz Abdul Somad permasalahan terkait video yang viral tidak membesar dan berlarut.

"Untuk hal tersebut MUI mengimbau kepada semua pihak untuk bersabar, tetap tenang, tidak terpancing dan terprovokasi oleh pihak-pihak yang sengaja ingin menciptakan keresahan di masyarakat dengan cara mengadu domba antarumat beragama," ujarnya.

Sekadar informasi, video Ustadz Abdul Somad sedang ceramah di depan umatnya viral di media sosial (medsos). Ustadz Abdul Somad kemudian ?dilaporkan oleh beberapa pihak ke kepolisian karena ceramahnya tersebut diduga telah menistakan simbol agama lain.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9852 seconds (0.1#10.140)