alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Nasi Bakar Cumi Dower, Makan Malam Spesial Bersama Keluarga

Diana Rafikasari
Nasi Bakar Cumi Dower, Makan Malam Spesial Bersama Keluarga
Ilustrasi nasi bakar cumi dower. / FotoFood Spot

MEDAN - Nasi bakar merupakan makanan yang memiliki rasa yang begitu khas aroma wangi karena diolah dengan rempah-rempah.

Kemudian dibungkus dengan daun pisang. Umumnya, nasi bakar diisi sesuai selera.
Apabila Anda penggemar cumi, maka bisa menambahkan cumi sebagai isian nasi bakar. Tapi jangan lupa untuk menyantapnya bersama pelengkap lainnya seperti sambal. Rasanya jangan diragukan, dijamin bakal nikmat dan menggugah selera.

Makanan ini bisa menjadi makanan spesial yang dapat Anda sajikan untuk makan malam nanti. Tertarik untuk mencicipinya? Berikut resep membuat nasi bakar cumi dower seperti melansir akun Instagram @masaktv.



Bahan-bahan:
150 g cumi asin
2 porsi nasi
3 siung bawang merah
4 siung bawang putih
15 buah cabai rawit merah
15 buah rawit hijau
6 buah pete
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
1 btg serai
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas
1 sdm kecap ikan
Garam
Gula
Lada
Daun kemangi

Cara membuatnya:
1. Iris bawang merah, cabai rawit merah, rawit hijau dan bawang putih. Geprek jahe dan lengkuas. Tumis bawang merah dan bawang putih. Masukkan cabai rawit merah, rawit hijau, daun jeruk aduk hingga merata. Tambahkan petai, cumi, kecap ikan, lada putih, gula pasir, garam dan kemangi.

2. Masukan nasi, aduk hingga rata. Siapkan daun pisang, panaskan di atas api. Masukkan nasi ke dalam daun pisang, kemudian gulung lalu kunci dengan straples atau tusuk gigi. Kemudian panggang nasi hingga sedikit gosong pada bagian daun pisang. Angkat. Nasi bakar cumi dower siap dihidangkan.



(vhs)

loading...