alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mahasiswa Papua di Medan Kecam Penangkapan Rekannya di Surabaya dan Malang

Ahmad Ridwan Nasution
Mahasiswa Papua di Medan Kecam Penangkapan Rekannya di Surabaya dan Malang
Ikatan Mahasiswa Papua Sumut di Kota Medan menggelar aksi unjuk rasa terkait penangkapan puluhan mahasiswa Papua di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim). (Foto/Inews TV/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN - Ikatan Mahasiswa Papua Sumut di Kota Medan menggelar aksi unjuk rasa terkait penangkapan puluhan mahasiswa Papua di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Aksi ini berlangsung di kawasan asrama putra, kampus Universitas Sumatera Utara (USU).

Koordinator Ikatan Mahasiswa Papua Sumut, Damiel Wandik mengatakan, aksi ini sebagai bentuk solidaritas terhadap para mahasiswa asal Papua yang mengalami diskriminasi di sejumlah daerah Jawa.



"Kami akan turun aksi, karena teman-teman kami di Jawa didiskriminasi oleh masyarakat setempat," kata Damiel kepada wartawan di Kota Medan, Sumut, Senin (19/8/2019).

Menurut dia, kondisi semacam ini bukan pertama kalinya dialami masyarakat Papua di luar daerahnya. Kasus di Kota Surabaya kemarin menjadi puncaknya, karena rekan-rekannya tersebut diamankan petugas.

Aksi ini sebagai bentuk dukungan dan juga protes kepada pemerintah. Mereka kemudian melakukan long march dari asrama Kampus USU menuju Gedung DPRD Sumut untuk menyampaikan aspirasinya."Kami akan aksi ke Gedung DPRD Sumut," ujar dia.

Aksi puluhan mahasiswa Papua ini sempat dilarang dan dihalangi oleh pihak keamanan kampus, lantaran mereka belum memiliki izin. Namun setelah bernegosiasi dengan polisi, para demonstran akhirnya diperbolehkan berunjuk rasa long march menuju Gedung DPRD Sumut.



(vhs)

loading...