DPW PKB Sumut Usulkan 3 Nama Jadi Calon Sekjen Dampingi Muhaimin

Senin, 19 Agustus 2019 - 13:45 WIB
DPW PKB Sumut Usulkan 3 Nama Jadi Calon Sekjen Dampingi Muhaimin
Ketua DPW PKB Sumatera Utara, Ance Selian. (Foto/Dok/SINDOnews)
A A A
DENPASAR - Nama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berpeluang kuat untuk kembali terpilih sebagai ketua umum (ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam Muktamar yang digelar mulai 20-22 Agustus 2019 di Nusa Dua, Bali.

Selain posisi ketua umum, Muktamar juga akan menyusun struktural baru Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB Periode 2019-2024. Jabatan strategis yang menjadi sorotan adalah posisi sekretaris jenderal (sekjen) yang saat ini dipegang Hanif Dhakiri.

Muncul usulan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Sumatera Utara (Sumut) nama-nama potensial untuk menduduki posisi sekjen pada kepengurusan pusat PKB periode lima tahun ke depan.

Ketiga nama tersebut yakni Anggota Komisi VI DPR RI Lukmanul Khakim, anggota Komisi III DPR Jazilul Fawaid, dan Ketua DPP PKB Ida Fauziyah.

“Di posisi sekjen kami mengusulkan tiga nama tersebut. Saya rasa nama yang kami usulkan salah satunya layak menjadi sekjen untuk memperkuat posisi Pak Muhaimin kembali memimpin PKB di periode 2019-2024,” ujar Ketua DPW PKB Sumatera Utara, Ance Selian di Nusa Dua, Bali, Senin, 19 Agustus 2019.

Dikatakan Ance, ketiga nama tersebut adalah kader-kader PKB yang sudah banyak membantu Cak Imin dalam menggerakan mesin partai.

“Bu Ida Fauziyah merupakan politisi senior perempuan. Rekam jejaknya sudah malang melintang dalam dunia perpolitikan. Mantan Anggota DPR RI yang juga pernah maju sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Tengah,” tuturnya.

Sementara Lukmanul Khakim selain sebagai politisi muda Senayan, Lukman saat ini juga menduduki posisi wakil sekjen. Dalam agenda Muktamar di Bali ini, politikus kelahiran Lamongan, Jawa Timur ini juga didapuk menjadi Ketua Panitia.

“Serta Jazilul Fawaid, politisi PKB anggota DPR yang juga sebagai salah satu ketua di DPP PKB. Tiga nama usulan itu saya rasa cukup pas jadi pertimbangan untuk menjadi sekjen,” pungkasnya.

Selain memilih ketua umum dan kepengurusan DPP Periode 2019-2024, pada Muktamar PKB di Bali juga digelar sejumlah kegiatan. Di antaranya seminar Soft Skill Enterpreneur bersama pelaku UMKM se-Provinsi Bali, forum Munas Alim Ulama dengan menghadirkan
1.000 kiai dari berbagai pelosok negeri dalam se-Indonesia. Dalam munas tersebut agendanya adalah membahas masalah-masalah kebangsaan. Baik politik, demokrasi, budaya, serta keagamaan.

Lukmanul Khakim mengatakan, dalam forum tersebut para kiai juga akan melakukan diskusi terkait dengan argumentasi dalil tentang kepemimpinan nasional yang selaras dengan kultur masyarakat Indonesia. "Para kiai juga akan membuat rekomendasi kepada pemerintah untuk terus memperkuat basis Islam yang moderat," urainya.

Diharapkan lewat forum tersebut akan muncul rekomendasi yang dapat menciptakan terwujudnya kehidupan bermasyarakat yang damai tanpa ada permasalahan terkait terorisme, radikalisme, dan intoleransi yang belakangan menjadi isu serius yang dihadapi bangsa ini.

Rencanana, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dijadwalkan hadir saat acara pembukaan, Selasa (20/8/2019) malam besok. Selain Presiden, para ketua umum partai politik, menteri Kabinet kerja serta para duta besar negara sahabat juga dijadwalkan hadir.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3063 seconds (0.1#10.140)