Jamaah Haji Asal Indonesia Dipulangkan Mulai Sabtu 17 Agustus

Kamis, 15 Agustus 2019 - 08:11 WIB
Jamaah Haji Asal Indonesia Dipulangkan Mulai Sabtu 17 Agustus
Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Subhan Cholid meminta jamaah haji yang akan pulang ke Tanah Air untuk menyiapkan barang bawaannya. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MAKKAH - Pemberangkatan kepulangan jamaah haji asal Indonesia akan dilakukan mulai Sabtu 17 Agustus 2019, mendatang.

Seluruh jamaah yang telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji. Dari mulai wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina, melempar jumrah, serta tawaf ifadah, sai, dan tahalul.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Subhan Cholid meminta jamaah haji yang akan pulang ke Tanah Air untuk menyiapkan barang bawaannya. Sebab, pengecekan dan penimbangan bagasi akan dilakukan H-2 sebelum jadwal pemulangan.

“Kemas-kemas koper, nanti akan ditimbang di hotel masing-masing,” ujarnya, Kamis (15/8/2019).

Menurutnya, koper bagasi jamaah haji akan diangkut menggunakan truk ke bandara. Jamaah tinggal membawa tas kabin saat berangkat ke bandara. Mereka hanya menjalani pemeriksaan Imigrasi tanpa check in bagasi lagi.

Subhan menegaskan bahwa jamaah dari 18 kloter yang akan pulang pada 17 Agustus harus segera menyiapkan diri. Sebab, mereka akan mulai bergerak ke Jeddah dari pukul 00.15 sampai 22.00 WAS. “Jika sudah kick off tidak bisa berhenti. Tidak bisa kemudian berhenti dulu, kitanya capek. Tidak bisa,” katanya.

Selain mereka yang pulang ke Tanah Air, jamaah haji gelombang dua juga diminta bersiap-siap. Sebab, mereka akan bergeser ke Madinah untuk menjalani sunah Arbain di Masjid Nawabi. Mereka akan didorong ke Madinah pada tanggal-tanggal yang sama.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9008 seconds (0.1#10.140)