KemenPAN: Hanya PNS Berprestasi yang Boleh Kerja dari Rumah

Rabu, 14 Agustus 2019 - 14:13 WIB
KemenPAN: Hanya PNS Berprestasi yang Boleh Kerja dari Rumah
Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja di rumah untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaan, sekaligus reward bagi ASN berprestasi.(Foto/Ilustrasi)
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja di rumah untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaan, sekaligus reward bagi ASN berprestasi.

"ASN yang bekerja di rumah ini, sudah dilakukan oleh negara maju. Contohnya Australia hanya aparatnya yang punya prestasi, hari Rabu kerja di rumah. Hal tersebut berkaitan dengan teknologi," ujar dia di Gedung Kemenpan RB Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Namun, lanjut dia, pihaknya tidak ingin aplikasi atau fungsi kontrol bekerja di rumah itu sama dengan negara luar. Kemenpan RB tidak ingin menjiplak hal tersebut.

"Tetapi inspirasinya dari negara luar. Itu baru wacana. Ini juga desakan dari bonus demografi," ungkap dia.

Dia menambahkan, bahwa pembahasan sudah disiapkan pada tahun ini. Sedangkan untuk aplikasi tahun depan. Sistemnya e-government selama ini baru pembahasan saja, tapi belum terkoneksi.

"Maka itu, harus disiapkan dahulu infrastuktur teknologinya. Saya juga tadi baru rapat dengan Kominfo," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan bahwa pergeseran jenis pekerjaan mulai terlihat beberapa tahun belakangan ini. Demikian pula jenis layanan yang dilakukan Pemerintah kepada warganya.

"Kami di Biro Humas BKN sudah terbiasa mengerjakan materi berita, media sosial, siaran pers di perangkat mobile. Contohnya hari ini, saya di Medan sudah approved berita, siaran pers dan konten media sosial yang disiapkan oleh anak-anak humas di Jakarta, hasil liputan di beberapa lokasi pada seluruh Indonesia. Jadi, kebutuhan untuk bertemu di kantor secara fisik mulai berkurang," ujar dia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.9982 seconds (0.1#10.140)