KPU Pematangsiantar Tetapkan 30 Anggota DPRD Terpilih

Rabu, 14 Agustus 2019 - 12:54 WIB
KPU Pematangsiantar Tetapkan 30 Anggota DPRD Terpilih
Sejumlah calon anggota DPRD Pematangsiantar terpilih menandatangani berit acara pleno penetapan di KPUD setempat,Selasa (13/8/2019) malam.(Foto/Ist)
A A A
PEMATANGSIANTAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) menetapkan 30 anggota DPRD terpilih untuk periode 2019-2024.

Ketua KPU Kota Pematangsiantar,Daniel DM Sibarani,kepada Sindonews.com,Rabu (14/8/2019) mengatakan, penetapan dilakukan melalui rapat pleno terbuka, Selasa (13/8/2019) malam.

Menurut Daniel penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Pematangsiantar merupakan tahap terakhir dari rangkaian panjang Pemilu 2019 yang sudah memakan waktu satu setengah tahun.

"Penetapan calon terpilih dan perolehan kursi DPRD Kota Pematangsiantar,merupakan tahap akhir dari rangkaian panjang Pemilu Legeslatif (Pileg) 2019," ujar Daniel.

KPU, tambahnya mengaprsiasi Pemko Pematangsiantar, DPRD, TNI-Polri, serta masyarakat, yang mendukung pelaksanaan pemilu sehingga berjalan aman dan kondusif.

Hasil perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggot DPRD Pematangsiantar periode 2019-2024,ditetapkan 30 kursi yang terbagi dalam tiga daerah pemilihan (dapil), masing-masing dengan alokasi 10 kursi untuk Dapil 1, dan 9 kursi untuk Dapil 2, serta 11 kursi untuk Dapil 3.

Dari 30 calon terpilih anggota DPRD Pematangsiantar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih 8 kursi, Partai Golongan Karya (Golkar) (5 kursi), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 4 kursi, dan Partai NasDem 4 kursi.

Kemudian Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Demokrat.masing-masing 3 kursi, Partai Amanat Rakyat (PAN) meraih 2 kursi dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) meraih 1 kursi.

Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Wali Kota Togar Sitorus, mengucapkan selamat kepada anggota DPRD terpilih.

Togar mengatakan selama ini antara eksekutif dan DPRD Pematangsiantar telah terjalin hubungan yang harmonis dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan.

"Kiranya hubungan tersebut dapat terus terjalin dengan jajaran DPRD yang baru di Kota Pematangsiantar," pungkas Togar.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0634 seconds (0.1#10.140)