Sinergitas TNI-Polri Amankan Pilpres 2019 Patut Diapresiasi

Rabu, 14 Agustus 2019 - 12:47 WIB
Sinergitas TNI-Polri Amankan Pilpres 2019 Patut Diapresiasi
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Jenderal (Pol) Tito Karnavian. (Foto/SINDOnews/Dok)
A A A
JAKARTA - Siapapun mengetahui stabilitas dan tensi politik menjelang dan hingga pencoblosan Pilpres 2019 begitu panasnya. Nah ada dua lembaga yang patut diberi apresiasi karena mampu meredam situasi itu.

Kedua lembaga itu yakni TNI dan Polri yang telah menunjukkan kinerja yang positif dan membanggakan. Kedua lembaga ini nyata mampu menunjukkan kerja keras dan profesionalitas serta sinergisitas yang baik.Hasilnya pelaksanaan Pemilu 2019 bisa berjalan aman dan kondusif.

"Ini tak lepas dari kerja keras dua pucuk pimpinan TNI-Polri, yakni Marsekal Hadi Tjahjanto dan Jenderal (Pol) Tito Karnavian," kata Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto dalam siaran persnya yang dikirim Rabu (14/8/2019).

Eko mengatakan, baik sebelum pelaksanaan pemilu, kemudian proses berjalannya pemilihan hingga penentuan hasil Pemilu 2019 oleh KPU, tensi publik dalam merespons kondisi politik saat itu sedang tinggi – tingginya dan rentan sekali akan kericuhan.

"TNI – Polri nyatanya membuktikan etapa solidnya kedua institusi dalam menjaga stabilitas negara, khususnya dalam momentum Pemilu 2019," ujarnya.

Puncak soliditas TNI-Polri terlihat dari keduanya berhasil melakukan pengamanan saat aksi 22 Mei 2019 di depan kantor Bawaslu RI jelang penetapan hasil pemilu 2019 oleh KPU RI.

Padahal, tidak sedikit isu miring yang bermunculan terkait kedua insitusi ini yang kerap distigmakan tengah pecah atau tidak harmonis, namun isu tersebut nyatanya tidak terbukti hingga saat ini.

Sementara Respons publik atas kinerja kedua institusi pertahanan negara tersebut, sambung Eko, juga menunjukkan hasil yang positif. Berdasarkan penelitian Cyrus Network disebutkan bahwa lebih dari 90 persen responden mengakui bahwa kinerja TNI – Polri netral dan sangat profesional.

“Sebanyak 91 persen responden menyatakan Polri netral, dan 95 persen menyatakan bahwa TNI netral dalam Pemilu 2019,” jelasnya.

Jadi, sebagai warga negara yang baik dan cinta kepada keutuhan NKRI, sudah sepatutnya masyarakat menunjukkan dukungan pada TNI – Polri, agar menjadi pemicu semangat dan motivasi kedua institusi tersebut.

"Tentunya, ketika TNI – Polri solid dan profesional, negara pasti akan kuat, dan rakyatpun otomatis akan lebih aman, tenteram dan sejahtera," kata dia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1335 seconds (0.1#10.140)