Ingat, Mulai Senin hingga Rabu Hari Tasyrik Haram Berpuasa

Minggu, 11 Agustus 2019 - 20:27 WIB
Ingat, Mulai Senin hingga Rabu Hari Tasyrik Haram Berpuasa
Hari Tasyrik diharamkan bagi umat Islam untuk berpuasa. (Foto/Dok)
A A A
MEDAN - Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Dzulhijjah 1440H atau bertepatan dengan 11 Agustus 2019. Sementara tiga hari setelahnya yakni 11,12,13 Dzulhijjah (12,13,14 Agustus) adalah Hari Tasyrik.

Pada tiga hari ini di mulai besok diharamkan bagi umat Islam untuk berpuasa.Umat Islam justru diminta untuk menikmati berbagai makanan halal.

Amalan sunah pada hari Tasyrik bisa dikerjakan oleh umat Muslim yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji. Umat Muslim merayakan hari raya Idul Adha 2019 sambil melakukan pemotongan hewan kurban.

Umat Islam dilarang berpuasa karena pada hari Tasyrik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutnya sebagai hari makan dan minum.

Dalam hadits disebutkan: Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum. (HR. Muslim no. 1141).

Imam Nawawi berkata, “Ini adalah dalil tidak boleh sama sekali berpuasa pada hari tasyrik.” (Syarh Shahih Muslim, 8: 18)

Allah SWT menjadikan hari ini sebagai hari yang istimewa bagi umat Islam. Hari di mana umat Islam dianjurkan untuk makan dan minum, menikmati daging kurban yang sudah dimasak untuk makan bersama.

Tidak hanya itu, Allah juga memerintahkan umat-Nya untuk berdzikir kepada-Nya. Puasa benar-benar dilarang pada hari Tasyrik

Selanjutnya, tidak dibolehkan melakukan puasa sunah di hari Tasyrik termasuk puasa Senin Kamis.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2294 seconds (0.1#10.140)