The Atjeh Connection, Diplomasi Kuliner dan Kopi Aceh di Jakarta

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 21:11 WIB
The Atjeh Connection, Diplomasi Kuliner dan Kopi Aceh di Jakarta
Adalah pasangan suami istri Amir Faisal Nek Muhammad dan Anita Amir Faisal sebagai pengelola Resto dan Kafe The Atjeh Connection. (Foto/Ist)
A A A
JAKARTA - Diplomasi kuliner ternyata ampuh untuk mencairkan perbedaan. Lewat sepiring kuliner atau secangkir kopi untuk bersilaturahmi menjadi jembatannya.

Ya, berbagai masalah bisa selesai di meja makan. Salah satu duta diplomasi kuliner yakni resto dan kafe "The Atjeh Connection" Menggunakan nama Aceh ditulis dalam ejaan lama "Atjeh," dilengkapi logo pria mengenakan "kopiah meukeutob" yang sangat khas Aceh.

Jaringan resto kelas atas ini tersebar di Jakarta yakni di Sarinah Thamrin, Bendungan Hilir, SCBD, Menteng Jalan Sabang, Slipi. Ada juga di Surabaya dan sekarang dipersiapkan di beberapa kawasan elite lainnya.

Boleh jadi resto The Atjeh Connection merupakan salah satu tempat paling asyik untuk nongkrong bagi masyarakat kelas menengah atas. Nyaris sebagian para tokoh nasional, CEO beberapa perusahaan swasta dan direksi BUMN menjadi pelanggan tetap.

Adalah pasangan suami istri Amir Faisal Nek Muhammad dan Anita Amir Faisal sebagai pengelolanya. Amir Faisal Nek Muhammad mengatakan, disain interior restonya sangat khas. Unik dan klasik. Tempat yang klasik sekaligus seperti galeri mini di setiap resto yang barang-barang itu koleksi pemiliknya, Amir.

Keduanya mengelola The Atjeh Connection dengan perasaan riang dan gembira. Sangat menikmati. Keduanya bisa dengan mudah ditemui di The Atjeh Connection mana saja. Keduanya, pribadi yang hangat dan akrab dengan siapa saja."Pekerjaan saya banyak waktu luangnya," kata Amir Faisal, Sabtu (10/8/2019).

Ia adalah konsultan keuangan dan analis keuangan selama 15 tahun. Agak sibuk diakhir tahun buku. "Setelah itu, ya santai," katanya yang memulai debutnya sebagai konsultan dan analis keuangan perusahaan BUMN dan swasta

Pada mulanya kehadiran The Atjeh Connection Resto & Coffee adalah hobi untuk bersilaturahim dengan sahabat-sahabat sekaligus mempromosikan kuliner Aceh di Jakarta.

"Saya banyak teman. Kita saling bertemu dan berkomunikasi. Jadi ya sudah sekalian aja disediakan kulinernya, jadilah resto ini," katanya.

The Atjeh Connection pertama hadir di Apartemen Slipi, Jakarta pada 2015. Agar sajian kulinernya tidak alakadar, Amir Faisal yang memang punya cita rasa tinggi mengenai makanan, ia lalu mendatangkan koki Aceh, dan mendapat sambutan luar biasa.

Filosofi The Atjeh Connection adalah menghubungkan orang. "Kami lebih sebagai ruang mempertemukan orang-orang, siapapun dia. Tentu dengan sajian kuliner, yang khas Aceh," kata Amir Faisal mengenai filosofi silaturahmi itu.

Restoran ini memang menyajikan menu favorit kopi sanger, kue ade,mie aceh,ayam tangkap dan sebagainya. Semangat mengantarkan Aceh sampai ke meja makan, disuguhkan Amir dengan sangat sungguh-sungguh.

"Mereka yang sudah ke sini, akan kembali lagi. Kami ingin menjadi duta kuliner Aceh di ibu kota serta menjadikan Aceh menjadi ikon nasional untuk internasional,” kata dia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6395 seconds (0.1#10.140)