Inggris Alami Blackout Besar-Besaran, Sejumlah Wilayah Gelap Gulita

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 09:17 WIB
Inggris Alami Blackout Besar-Besaran, Sejumlah Wilayah Gelap Gulita
Pemadaman listrik total atau blackout terjadi di Inggris dan mempengaruhi sejumlah layanan di seluruh negara itu. Foto/Istimewa
A A A
LONDON - Blackout atau pemadaman listrik terjadi di Inggris, mirip seperti yang terjadi di sebagian Jawa dan Bali pada pekan lalu.Akibatnya sejumlah layanan di seluruh negara Ratu Elizabeth itu pun terganggu.

Pemadaman listrik besar-besaran ini terjadi di wilayah Inggris dan Wales, yang memengaruhi rumah tangga dan jaringan transportasi.

National Grid mengatakan pemadaman listirk itu disebabkan oleh masalah pada dua generator listrik tetapi masalahnya sekarang telah diatasi.

Pemadaman listrik dilaporkan terjadi di seluruh Midlands, Tenggara, Barat Daya dan Timur Laut Inggris, dan Wales.

"Pemadaman listrik saat ini berdampak pada perjalanan," kata Departemen Transportasi Inggris.

"Kami bekerja keras dengan Network Rail dan yang lainnya untuk memastikan sistem berjalan dan bekerja secepat mungkin, sehingga semua orang dapat menyelesaikan perjalanan mereka dengan aman," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (10/8/2019)

Pada puncak jam sibuk Jumat, semua kereta di King's Cross ditangguhkan dan tetap demikian hampir sepanjang malam. Akibatnya ratusan orang dilaporkan terlantar di stasiun King's Cross karena kereta tertunda dan dibatalkan.

Seorang penumpang, Zoe Hebblethwaite mengatakan, situasi di luar stasiun adalah "kekacauan mutlak" dan penumpang tidak dapat menemukan petugas untuk diajak bicara.

Wartawan BBC Emma Petrie mengatakan ada pengumuman yang meminta penumpang untuk meninggalkan stasiun.

Pada pukul 21:00 waktu setempat, lebih dari 1.000 penumpang tampaknya terlantar di King's Cross, dengan London North Eastern Railway dan National Rail menyarankan penumpang agar tidak melakukan semua perjalanan selama sisa hari itu.

Kemudian, beberapa kereta LNER berjalan ke selatan menuju King's Cross, dan layanan ke Stevenage dan Peterborough dari London juga dilanjutkan, tetapi tidak lebih jauh ke Jalur Utama Pantai Timur.

Papan di stasiun Waterloo tidak menunjukkan kereta berangkat pada platform apa pun.
Network Rail mengatakan semua kereta telah dihentikan setelah terjadi "lonjakan listrik di National Grid" tetapi sistem pensinyalannya telah kembali online.

"Meskipun peristiwa ini berada di luar kendali kami, kami memiliki rencana untuk merespons dan sistem beroperasi sesuai rencana dengan memutuskan sebagian permintaan listrik yang terisolasi," bunyi pernyataan yang dikeluarkan National Grid.

"Tindakan itu memungkinkan sistem untuk melindungi dirinya sendiri dan membatasi penurunan frekuensi, yang memungkinkan daya pulih dengan cepat", tambahnya.

Polisi Transportasi Inggris mengatakan telah mengirim petugas ke "beberapa" stasiun kereta api untuk memberikan bantuan kepada para pelancong.

Blackout juga menyebabkan lampu lalu lintas di beberapa daerah juga berhenti bekerja. Seorang pengguna jalan, Harriet Jackson (26) mengatakan ada adegan "apokaliptik" di Northcote Road, Battersea, ketika lampu lalu lintas padam dan mobil tidak berhenti.
Giliran Inggris Alami Blackout

"Mengingat ini hari Jumat sore, itu hal terakhir yang ingin kau temui," katanya.

Seorang juru bicara untuk Transportasi London mengatakan beberapa lampu lalu lintas di ibukota itu "tidak berfungsi" tetapi skala masalahnya belum diketahui.

Pemadaman listrik juga berdampak pada operasional bandara. Penumpang di Bandara Newcastle mengatakan listrik padam selama sekitar 15 menit, tetapi bandara Heathrow, Gatwick dan Luton mengatakan mereka tidak terpengaruh.

Scott McKenzie (31) dari Cardiff, mengatakan berbagai alarm berbunyi di Bandara Newcastle.

"Kami benar-benar jatuh ke dalam kegelapan dan orang-orang menggunakan ponsel mereka sebagai obor untuk melihat dan berkeliling," tambahnya.

Sekitar 500.000 orang terkena dampak di wilayah Western Power Distribution - termasuk 44.500 pelanggan di Wales - dengan listrik kembali menyala tak lama setelah pukul 18.00 waktu setempat, kata perusahaan itu.

Northern Powergrid mengatakan 110.000 pelanggannya mati lampu antara 17:10 dan 18:00 waktu setempat, sementara Listrik Barat laut mengatakan setidaknya 26.000 orang tanpa listrik di Barat laut.

Juru bicara UK Power Networks mengatakan 300.000 orang terkena dampak di London dan Tenggara.

Rumah Sakit Ipswich juga terkena dampak dari pemadaman listrik di daerah itu, karena generator cadangannya gagal berfungsi, tetapi semua masalah telah diselesaikan.

Pengawas energi Ofgem mengatakan telah meminta laporan rinci yang mendesak dari National Grid sehingga dapat memahami apa yang salah dan memutuskan langkah apa yang perlu diambil.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7571 seconds (0.1#10.140)