Kim Jong-un Ketahuan Pakai Arloji Mewah dan Langka Seharga Ratusan Juta

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 14:57 WIB
Kim Jong-un Ketahuan Pakai Arloji Mewah dan Langka Seharga Ratusan Juta
Pemimpin Korut, Kim Jong-un, terlihat menggunakan arloji IWC Portofino Automatic saat menyaksikan uji coba rudal pada 25 Juli lalu. Foto/Istimewa
A A A
SEOUL - Diktaktor muda Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, dikenal punya gaya hidup mewah meski negaranya dijatuhi sanksi.

Nah, belum lama ini tepatnya 25 Juli 2019 dia kedapatan mengenakan jam tangan mewah bernilai ratusan juta saat menyaksikan langsung uji coba rudal Korut.

Diktator Muda Korut Kim Jong-un kedapatan mengenakan arloji Swiss senilai Rp170 juta saat dia menyaksikan peluncuran rudal jarak pendek pada 25 Juli lalu. Dalam cuplikan stasiun televisi pemerintah, Jong-un terlihat mengenakan arloji emas di pergelangan tangan kirinya saat ia menggunakan teropong untuk mengamati peluncuran rudal. Para ahli arloji mengidentifikasikannya sebagai IWC Portofino Automatic.

"Rasio bezel dan penampilan lug pada arloji Kim Jong-un cocok dengan Portofino Automatic. Lokasi tanggal dan bentuk logo juga identik," ungkap spesialis jam tangan Kim Chang-kyu seperti dikutip dari Chosun Ilbo, Jumat (9/8/2019).

Ia menambahkan jam tangan itu adalah arloji unisex langka dan harganya sekitar 11.700 franc Swiss atau sekitar Rp170 juta.

Gaya hidup mewah Kim Jong-un mengundang banyak tanya karena negara yang dipimpinnya dijatuhkan sanksi ekonomi yang ketat oleh PBB dan Amerika Serikat (AS). Sanksi PBB melarang Korut membeli barang-barang mewah tertentu, seperti perhiasan, kapal pesiar dan mobil limusin. Sanksi global ini dijatuhkan terkait pengembangan rudal dan senjata nuklir rezim Pyongyang.

Sindonews sebelumnya pernah mewartakan bahwa Kim Jong-un masih bisa mengimpor mobil limusin dan menikmati vodka. Mobil mewah impor itu terungkap ketika Kim menaikinya saat dalam perjalanan ke sebuah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Michael Pompeo di Pyongyang Oktober 2018 lalu.

Sebuah laporan memberikan gambaran sekilas bagaimana Kim Jong-un bisa mendapatkan limusin lapis baja Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard meski negaranya dijatuhi sanksi terhadap barang mewah. Menurut laporan tersebut, Jong-un mendapatkannya melalui melalui rute rahasia melewati lima negara dan "perjalanan gelap."
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6644 seconds (0.1#10.140)