40 Peserta Lolos Tes Psikologi Capim KPK, Didominasi Polisi dan Dosen

Senin, 05 Agustus 2019 - 16:54 WIB
40 Peserta Lolos Tes Psikologi Capim KPK, Didominasi Polisi dan Dosen
Para peserta mengikuti tes uji kompetensi Seleksi Calon Pimpinan KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis 18 Juli 2019.(Foto/ANTARA)
A A A
JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) mengumumkan peserta yang lolos seleksi tes psikologi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dari 104 calon yang ikut tes psikologi, 40 peserta dinyatakan lolos tes oleh Pansel Capim KPK.

"Yang dinyatakan lulus tes psikologi capim KPK sebanyak 40 orang,” kata Yenti, di Gedung Kementrian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2019).

Sebanyak 40 orang capim yang lolos berasal dari bermacam-macam latar belakang profesi dan daerah. Dari profesi, angka terbanyak berasal dari akademisi/dosen sejumlah tujuh orang, menyusul selanjutnya anggota Polri enam orang, dan komisioner/pegawai KPK lima orang.

Advokat dua orang, jaksa tiga orang, pensiunan jaksa satu orang, hakim satu orang, empat orang auditor yang lolos, satu orang dari Komisi Kejaksaan dan Komisi Kepolisian Nasional, empat orang PNS, satu orang PNS aktif, dan lain-lain lima orang.

Berdasarkan asal daerah, peserta yang lolos paling banyak berasal dari DKI Jakarta, yaitu 14 orang, Jawa Barat 11 orang, dan Banten 6 orang, Daerah Istimewa Yogyakarta menyumbangkan tiga orang, Jawa Timur tiga orang, Sumatera satu orang, Sulawesi satu orang, dan Kalimantan satu orang.

Berdasarkan komposisi jenis kelamin peserta yang lolos, mayoritas adalah laki-laki. "Laki-laki 36 orang, perempuan empat orang," kata Yenti.

Untuk dikerahui, 40 peserta yang lolos ini wajib melanjutkan seleksi ke tahapan selanjutnya, yaitu profile assessment. Tahapan tes profile assessment rencananya akan digelar pada Kamis dan Jumat, 8-9 Agustus 2019 pukul 7.30 WIB, di Gedung Lembaga Pertahanan Negara (Lemhanas), Jakarta Pusat.

"Peserta yang tidak hadir mengikuti profile assessment dinyatakan gugur," tuturnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2509 seconds (0.1#10.140)