alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

8.625 CJH Asal Sumut Sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci

Stepanus Purba
8.625 CJH Asal Sumut Sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci
Sedikitnya 8.652 calon jemaah haji (CJH) embarkarsi Kota Medan sudah diberangkatkan menuju Tanah Suci. Keberangkatan mereka dibagi menjadi 22 kloter melalui Bandara Kualanamu Deliserdang, Senin (5/8/2019).(Foto/SINDOnews)

MEDAN - Kelompok terbang (kloter) 22 sebagai pemberangkatan terkahir calon jamaah haji (CJH) embarkarsi Kota Medan sudah dilakukan.

Dengan demikian sebanyak  8.652 calon jamaah haji (CJH) embarkarsi Kota Medan sudah diberangkatkan menuju Tanah Suci. Keberangkatan mereka dibagi menjadi 22 kloter melalui Bandara Kualanamu Deliserdang, Senin (5/8/2019).
 
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumut Iwan Zulhami mengatakan, dari jumlah tersebut, sebanyak 116 CJH gagal berangkat karena sejumlah pertimbangan.

"Alhamdulillah, pemberangkatan kloter 22 yang merupakan pemberangkatan terakhir embarkasi Kualanamu Medan sudah kami lakukan. Total seluruhnya 8.652 calon jemaah haji yang sudah diberangkatkan. Namun ada 116 orang yang tidak berangkat dan beberapa ditunda karena berbagai alasan. Seperti sakit, meninggal, hamil dan lainnya," ujar Iwan, seusai melepas keberangkatan 346 CJH kloter 22 di embarkasi Medan, Senin (5/8/2019).



Penundaan ini lanjut Iwan, sudah dilakukan sesuai prosedur. Baik dari pihak kesehatan, Kementerian Agama maupun pihak penerbangan.

"Insya Allah, kalau keadaan mereka sehat dan kembali mengajukan permohonan untuk tahun depan, maka akan kami berangkatkan," katanya.

Iwan mengungkapkan, untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini, 62% CJH yang diberangkatkan merupakan jemaah dengan resiko tinggi atau lansia.

"Kami berharap agar mereka sehat di sana, bisa menjalankan semua rukun dan syarat haji. Dan tentunya kembali ke Tanah Air dengan kondisi sehat walafiat," tuturnya.



(vhs)

loading...