Hajab! 13 Siswi SMKN Ini Ditampar hingga Dipaksa Berduel oleh Senior

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 16:06 WIB
Hajab! 13 Siswi SMKN Ini Ditampar hingga Dipaksa Berduel oleh Senior
Situasi di SMKN 7, Rengas, Ciputat Timur, Tangsel. Foto/Hambali/Okezone
A A A
TANGERANG SELATAN - Praktik kekerasan fisik oleh senior terhadap juniornya dialami 13 siswi Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 7, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel).

Mereka mengaku ditampari satu-persatu, bahkan hingga dipaksa berduel satu lawan satu. Para siswi itu, mulanya tak mau mengadukan aksi bullying para seniornya.

Namun karena merasa tertekan secara bathin, akhirnya mereka menceritakannya kepada keluarganya masing-masing.

Berdasarkan penelusuran di lapangan, para korban merupakan siswi kelas 11 (2 SMKN) Jurusan Perhotelan.
Sedangkan para pelaku adalah seniornya, yakni kelas 12 (3 SMKN) Jurusan Kecantikan Rambut.

Aksi kekerasan fisik itu terjadi pada Sabtu 27 Juli 2019 malam di area Bukit Modern, Pondok Cabe, Pamulang. Setelah dihubungi, para korban dikumpulkan di lokasi. Barulah kemudian praktik bullying dilakukan.

Salah seorang ibu korban, Cindy menyebutkan, jika putrinya berinisial HV (17), ditampari secara bergantian oleh seniornya di lokasi.
Bahkan tak hanya kekerasan fisik, makian dan intimidasi juga dia alami beserta 12 siswi lainnya.

"Kejadiannya itu Jumat dan hari Sabtu. Mereka dikumpulin, terus ditampar sama semua seniornya disitu. Dibentak-bentak segala macam, terakhir dimintakan uang juga," katanya di Tangsel, Jumat (2/8/2019).

Dilanjutkan dia, kekerasan fisik terhadap putrinya baru diketahui pada hari Senin 29 Juli 2019. Cindy curiga ketika HV selalu mengenakan masker di rumah.

Begitu dicek, ternyata ada bekas memar akibat tamparan di bagian pipinya. "Kan dia pakai masker, jadi waktu dilihat ternyata ada bekas tamparan. Barulah diceritain kejadiannya," ucap Cindy.

Saat dikonfirmasi, pihak SMKN 7 membenarkan praktik kekerasan itu. Dikatakan, ada 9 siswi kelas 12 yang mengakui aksi kekerasan terhadap juniornya kelas 11. Bahkan para orang tua pelaku juga telah dipanggil ke sekolah.

"Semua ada 9 siswi yang melakukan itu, orang tuanya sudah kita panggil semua. Memang benar ada penamparan, ancaman, hingga dimintakan uang. Ada juga yang mengaku diajak berduel satu lawan satu. Jadi langkah kita ke depan ini adalah memediasi semua yang terlibat," jelas Kepala SMKN 7 Aceng Haruji saat ditemui secara terpisah.

Ditambahkannya, hingga saat ini semua siswi yang menjadi korban kekerasan seniornya diberikan toleransi untuk tidak mengikuti kegiatan sekolah.

Mereka "Dirumahkan" sementara, sambil menunggu pemulihan mental. Sedangkan ke-9 siswi pelakunya, tengah menjalani skorsing hingga proses mediasi selesai.

"Masih dirumahkan, tapi ada juga yang sudah memberanikan diri masuk sekolah, karena merasa sudah aman, prosesnya terus berjalan. Kalau 9 siswi yang melakukannya, di-skorsing seminggu ini," terangya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1926 seconds (0.1#10.140)