Peluang Investasi Menjanjikan, Wagub Sumut Minta Daerah Perkuat Informasi

Jum'at, 26 Juli 2019 - 09:31 WIB
Peluang Investasi Menjanjikan, Wagub Sumut Minta Daerah Perkuat Informasi
Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah membuka Pekan Inovasi dan Investasi tingkat Provinsi 2019 di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (25/7/2019).(Foto:SINDOnews/Ist)
A A A
MEDAN - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah membuka Pekan Inovasi dan Investasi tingkat Provinsi Sumatera Utara 2019, di Lapangan Merdeka Medan. Memperkuat informasi tentang potensi daerah menjadi satu kunci untuk meningkatkan realisasi penanaman modal.

Kegiatan ini juga dihadiri Konsul Malaysia Aminuddin, Konsul Singapura Richard Grosse, Rektor UMSU Dr Agussani, mewakili unsur Forkopimda Sumut,Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Arief Trinugroho, Kasatpol PP Suriadi Bahar, Kepala Dinas Perkebunan Herawati, Kamis (25/7/2019).

Dikatakan Wagubsu,tahun 2018 pencapaian nilai investasi di Sumut mencapai Rp24,82 triliun, atau melebihi target dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI untuk provinsi ini sebesar Rp23,64 triliun. Tahun 2019, target naik menjadi Rp33,91 triliun, dimana pada triwulan I terealisasi Rp5,5 Triliun.

“Inikan (investasi) terkait perizinan juga. Jadi harus membuka informasi yang mudah diakses, supaya orang bisa lihat apa peluang investasi dan persyaratannya. Supaya investor tertarik karena pelayanan terbaik,” kata Wagub, usai mengunjungi puluhan stan yang telah terisi penuh.

Disamping itu, Wagubsu mengimbau kabupaten/kota untuk memberikan informasi peluang investasi masing-masing daera ke Provinsi.

“Kita ini kan koordinator dari seluruh kabupaten/kota. Jadi kita harapkan daerah memberikan informasi ke provinsi, apa yang menjadi peluang investasi baru di daerahnya. Agar informasi bisa kita sampaikan kepada investor-investor yang datang ke pemprovsu," imbau Wagubsu.

Menurut Wagub, pasar di Sumut cukup menjanjikan bagi penanam modal terutama dari luar negara. Karena itu Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, dan membutuhkan dukungan masyarakat, pelaku usaha serta pihak terkait lainnya. Apalagi kegiatan Pekan Inovasi yang memasuki tahun ke-7 ini, dinilai dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan investasi.

Sementara Kepada Dinas PMPTSP Sumut Arief Trinugroho mengatakan, Pekan Inovasi diikuti 113 stand Pemko/Pemkab, BUMD, BUMN dan sejumlah perusahaan swasta, yang berlangsung selama empat hari (25-28/7). Kegiatan juga diisiforum investasi Sumatera Utara yang akan membahas soal peluang investasi.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2843 seconds (0.1#10.140)