alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Koalisi Jokowi-Ma'ruf Siap Ajukan Satu Paket Pimpinan MPR

Rakhmatulloh
Koalisi Jokowi-Maruf Siap Ajukan Satu Paket Pimpinan MPR
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pramono Anung.(Foto/SINDOnews)

JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pramono Anung mengatakan,posisi ketua MPR dibahas di internal partai pendukung pemerintah.

Dikatakan Pramono, PDIP akan satu paket dengan partai koalisi.“Pasti koalisi pemerintahan jadi satu paket,” ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Dijelaskannya, mekanisme pemilihan ketua MPR berbeda dengan ketua DPR.Di DPR, lanjut dia, otomatis pimpinan berasal dari lima partai politik dengan jumlah kursi terbesar.



“Bagaimana pengaturan untuk Ketua MPR? ini sangat bergantung dari koalisi sendiri. Kalau ketua DPR kan hampir dipastikan dari PDIP,” tutur Sekretaris Kabinet itu.

Saat ini komposisi di MPR masih tahap pembicaraan di internal partai pendukung pemerintah. Namun belum memutuskan siapa yang akan duduk di posisi ketua MPR.

“Siapa yang MPR tentunya, di internal koalisi pemerintah akan ada pembicaraan itu. Mengenai siapa yang akan menjadi Ketua MPR, siapa yang akan diajak dalam komposisi itu. Sekarang dalam tahap pembicaraan itu. Mengenai siapanya, belum sampai di sana,” tuturnya.

Menanggapi Partai Gerindra yang juga menginginkan posisi Ketua MPR, Pramono menilai hal tersebut wajar dan tidak ada larangan. Namun, dipastikannya koalisi pemerintah akan satu suara.

“Koalisi pemerintahan pasti akan bulat menentukan satu suara. Karena suara kita di DPR itu 62 persen. Jadi nanti di MPR kan kemudian mempertimbangkan suara-suara dari utusan daerah. Pasti ada dalam komposisi itu,” katanya.



(zys)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif