alexametrics
TOPIK TERPOPULER

PM Inggris yang Baru Boris Johnson Hadapi Persoalan Brexit dan Konflik Iran

Nathania Riris Michico, Inews.id
PM Inggris yang Baru Boris Johnson Hadapi Persoalan Brexit dan Konflik Iran
Boris Johnson. (Foto/REUTERS/SINDOnews)

LONDON - Boris Johnson terpilih sebagai perdana menteri Inggris, menggantikan Theresa May. Sejumlah pekerjaan dan tugas berat sudah di depan mata yang harus dihadapinya.

Boris Johnson memikul tanggung jawab berat untuk menyelesaikan Brexit yang mengalami kebuntuan serta krisis terkait kapal tanker yang disita Iran.

Johnson, yang bersumpah membawa Inggris keluar dari Uni Eropa sebelum 31 Oktober dengan atau tanpa kesepakatan; akan menghadapi banyak benturan dengan Brussels, parlemen Inggris, dan Iran.



Mantan wali kota London itu mengalahkan saingannya, Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt, saat hasil pemilihan kepemimpinan Konservatif diumumkan.

Pemimpin baru partai itu akan mengambil alih jabatan Theresa May sebagai perdana menteri pada Rabu (24/7/2019) besok. Penunjukan Johnson juga memicu pengunduran diri beberapa menteri, termasuk Menteri Keuangan Inggris Philip Hammond.

Setelah semua upaya Brexit gagal, May mengundurkan diri sebagai pemimpin partai pada 7 Juni, memicu kontes kepemimpinan selama enam pekan.

Melanjutkan upaya May, Johnson hanya memiliki waktu tiga bulan untuk mencoba menyelesaikan krisis Brexit dan menentukan nasib generasi warga Inggris.



(vhs)

loading...