Saudi Buka Kompetisi Baca Alquran dan Azan, Hadiah Rp25,9 Miliar

Senin, 22 Juli 2019 - 16:42 WIB
Saudi Buka Kompetisi Baca Alquran dan Azan, Hadiah Rp25,9 Miliar
Arab Saudi menggelar kompetisi membaca Alquran dan mengumandangkan azan.(Foto/quranathanawards.com)
A A A
RIYADH - Arab Saudi menggelar kompetisi membaca Alquran dan mengumandangkan azan dengan total hadiah 7 juta riyal Saudi. Lebih dari 21.000 kontestan dari 162 negara sudah mendaftar untuk meramaikan kompetisi yang dimulai 24 Juli 2019.

Otoritas Umum untuk Hiburan Arab Saudi mengumumkan peningkatan besar dan intensitas yang tinggi dalam dua kompetisi tersebut. Kompetisi digelar oleh Ketua Dewan Direksi Otoritas Umum untuk Hiburan, Turki Al-Sheikh.

"Tujuan kompetisi untuk memberikan pengalaman yang kaya untuk dunia dengan menyoroti keragaman budaya dunia Islam, yang tercermin dalam metode membaca Alquran dan azan, dan memperkuat citra serta status Islam dan Muslim secara internasional," kata otoritas tersebut dalam pernyataan yang diterima SINDOnews.com, Senin (22/7/2019).

Jumlah kontestan mengalami peningkatkan yang siginifikan, yakni lebih dari 21.000 orang. Pada tahap pendaftaran awal, jumlah peserta tercatat 11.000 orang. Sedangkan pada tahap pendaftaran kedua ada penambahan lebih dari 9.000 orang lagi.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs web quranathanawards.com. Sedangkan kompetisi akan berlangsung dengan sistem seleksi.

Tahapan seleksi, yakni fase likuidasi dijadwalkan pada 24 Juli hingga 23 Agustus. Kemudian tahap penjurian dan pertunjukan langsung dimulai dari 24 Agustus hingga 24 September dan berlanjut lagi hingga 25 Oktober.

Pemenang pertama dari kontes membaca Alquran akan menerima hadiah 5 juta riyal Arab Saudi atau lebih dari Rp18,5 miliar. Sedangkan pemenang pertama dari kontes azan akan menerima hadiah senilai 2 juta riyal Arab Saudi atau lebih dari Rp7,4 miliar.

Otoritas Umum untuk Hiburan Arab Saudi didirikan sejalan dengan visi Kerajaan 2030 untuk mengatur dan mengembangkan sektor hiburan di Kerajaan Saudi. Selain itu juga untuk menyediakan opsi dan peluang rekreasi bagi semua segmen masyarakat dan di semua wilayah kerajaan untuk memperkaya kehidupan dan menarik sukacita.

Tak hanya itu, orotitas tersebut dibentuk untuk merangsang peran sektor swasta dalam pembangunan dan pengembangan kegiatan hiburan.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0868 seconds (0.1#10.140)