Viral, Seorang Kakek Terseret Arus Sungai Tolong 3 Cucunya Tenggelam

Senin, 22 Juli 2019 - 10:24 WIB
Viral, Seorang Kakek Terseret Arus Sungai Tolong 3 Cucunya Tenggelam
Viral video kakek di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, selamatkan tiga cucunya yang tenggelam. (Foto: Facebook Fajri Enterteimen/ist)
A A A
TAKALAR - Empat orang yang terdiri satu kakek dan tiga cucunya, asal Kampung Kalemandalle, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, jatuh ke sungai saat mencari ikan.

Warga yang mengetahui satu keluarga itu jatuh ke sungai dan tenggelam, lalu beramai-ramai melakukan pencarian.

Saat proses pencarian berlangsung, ada di antara warga yang mengabadikan lewat video. Lalu rekaman berdurasi 2 menit 16 detik pada Minggu 21 Juli 2019 itu diunggah oleh akun Fajri Entertainmen ke Grup Facebook Makassar hingga menjadi viral.

Dalam video viral yang beredar, terlihat ratusan warga berada di bibir sungai lokasi para korban tenggelam, tepatnya di sungai perbatasan Desa Tamasaju dengan Desa Bontosunggu, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar.

Terlihat pula dalam tanyangan video itu seorang wanita yang merupakan ibu korban. Dia teriak histeris lantaran tidak kuasa menahan rasa panik yang mendalam saat mengetahui anaknya tenggelam.

Proses pencarian yang dilakukan anggota Polsek Galesong bersama warga berbuah hasil. Satu per satu korban berhasil dievakuasi.

Dari hasil pemeriksaan, tiga korban dinyatakan meninggal dunia, sedang satu lainnya selamat. Ketiga korban meninggal langsung disemayamkan di rumah duka. Sedangkan satu yang selamat dilarikan ke Puskesmas Bontolebang, Takalar.

Kapolres Takalar AKBP Gany Alamsyah mengatakan satu orang yang masih hidup secepatnya mendapat tindakan medis. "Empat dari korban sekeluarga itu, tiga di antaranya meninggal dunia, dan satu selamat," katanya, Senin (22/7/2019).

Ia menyebut dari hasil identifikasi korban yang meninggal dunia, tiga korban meninggal masing-masing bernama Syamsuddin (50), kemudian dua anak laki-laki berusia 8 tahun Radit dan Akbar. Sedang korban selamat Farhan alias Faang (8).

Empat korban merupakan satu keluarga yang tercatat sebagai warga Kalemandalle, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa.

Gany menerangkan, musibah itu bermula saat Syamsuddin Daeng Lebang mencari ikan bersama tiga bocah yang merupakan cucunya.

"Jadi keempat korban saat sedang mencari ikan tiba-tiba salah satu cucunya kecebur ke sungai yang diperkirakan kedalamannya 3 meter. Melihat kejadian itu, warga dengan cepat menolongnya," kata Gany.

Hanya saja saat Syamsuddin merangkul ketiga cucunya yang memiliki beban berat, turut diseret derasnya arus sungai. Seketika kempatnya tenggelam. Warga yang mengetahui adanya korban tenggelam langsung beramai-ramai melakukan pencarian.

Tidak lama berselang anggota Polsek Galesong tiba di lokasi dan langsung melakukan pencarian dengan menyisir sungai lokasi para korban hanyut. Keempat korban pun berhasil ditemukan. Namun, tiga korban meninggal dunia.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3854 seconds (0.1#10.140)