Peringati HAN, Ratusan Anak di Medan Amplas Nikmati Permainan Tradisional

Senin, 22 Juli 2019 - 09:33 WIB
Peringati HAN, Ratusan Anak di Medan Amplas Nikmati Permainan Tradisional
Seratusan anak mengikuti perlombaan permainan tradisional pada peringatan Hari Anak Nasional 2019, di Kelurahan Medan Amplas, Medan, Sumatera Utara, Minggu (21/7/2019).(Foto/SINDOnews/Andi)
A A A
MEDAN - Memperingati Hari Anak Nasional (HAN), berbagai lomba permainan tradisional dapat dinikmati bersama anak-anak di Kelurahan Amplas Kecamatan Medan Amplas, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (21/7/2019).

Berbagai perlombaan permainan tradisional sengaja digelar Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) diikuti ratusan anak di kawasan tersebut. Ketua YAFSI, Badriyah mengatakan dalam permainan tradisionaldiikuti ratusan anak di kawasan Kelurahan Amplas.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk menyemarakkan HAN ini, YAFSI mengadakan lomba tradisional untuk anak-anak, dan tahun ini kami memilih Kelurahan Amplas menjadi lokasi utamanya," jelasnya kepada wartawan.

Badriyah menuturkan untuk tahun ini, tema yang diangkat adalah wujudkan lingkungan dan Keluarga Ramah Anak. "Karena perlindungan anak dimulai dari keluarga dan lingkungannya. Selain itu juga, kita mendorong Kelurahan Amplas ini untuk menjadi Kelurahan Layak Anak," tuturnya.

Adapun beberapa permainan tradisional yang dilaksanakan saat acara, lanjut Badriyah, yaitu congklak, engklek, tarik tambang, bakiak, enggrang batok, dan guli dalam sendok. Tidak hanya itu, tahun ini YAFSI juga mengadakan lomba video public speaking.

"Kita tau bahwa permainan tradisional ini banyak manfaatnya untuk anak-anak, karena dapat mengasah kreativitas mereka. Lagi pula permainan tradisional ini sudah jarang kita jumpai. Jadi ini juga sebagai cara kami untuk melestarikan permainan-permainan tradisional ini," pungkasnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4310 seconds (0.1#10.140)