Bikin Sate Ayam di Rumah, Ini Resep dan Caranya

Senin, 22 Juli 2019 - 09:21 WIB
Bikin Sate Ayam di Rumah, Ini Resep dan Caranya
Sate ayam khas Indonesia memang mudah ditemukan di banyak tempat. Namun, makanan ini pun bisa dibuat sendiri di rumah dengan rasa yang tak kalah lezat. (YouTube/Rasa Sayange)
A A A
MEDAN - Sate ayam merupakan salah satu sajian kuliner Indonesia yang mudah ditemukan dimanapun. Tak hanya bisa disantap di luar rumah, sate ayam juga bisa dibuat sendiri di rumah.

Sate ayam khas Indonesia biasanya disajikan dengan lontong, irisan bawang merah, cabe rawit, dan kecap manis. Berikut resep membuat sate ayam Indonesia seperti dikutip dari akun Instagram @rudydansahabat.

Bahan 1:
½ ekor (400 g) ayam
3 sdm minyak goreng

Bahan 2:
3 sdm minyak goreng
6 sdm kecap manis
2 sdm air panas
¼ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
¼ sdt kunyit bubuk
1 sdt air jeruk nipis
2 sdm bumbu sate

Bahan 3:
150 gr kacang tanah, goreng
8 siung bawang putih, goreng
4 sdm bawang goreng
4 buah cabai merah, buang bijinya, goreng
¼ sdt kunyit bubuk
75 gr gula merah, serut
3 ½ sdm gula pasir
2 sdt garam
3 lembar daun jeruk
650 ml air

Bahan 4:
2 sdm kecap manis
4 buah bawang merah, rajang
4 buah cabai rawit hijau, rajang
1 sdm bawang goreng

Cara membuatnya:
1. Haluskan semua bahan 3 untuk membuat bumbu sate. Tuang bumbu ke dalam panci, lalu rebus dengan api kecil hingga pekat dan berminyak. Sisihkan. Potong serasi ayam sebesar ruas atas ibu jari. Tusuk dengan tusuk sate, berselang-seling bagian dada dan paha.

2. Panaskan bakaran sate dengan 3 sdm minyak goreng, bakar sate ayam hingga berubah warna. Campur semua bahan 2 untuk membuat bumbu kecap, aduk rata. Guling-gulingkan sate ke campuran bumbu kecap. Bakar kembali hingga bumbunya meresap dan ulangi beberapa kali hingga bumbu kecap tinggal ¼ bagian.

3. Tambahkan 2 sdm bumbu sate ke sisa bumbu kecap. Lumuri sate dengan campuran bumbu kecap dan bumbu sate. Bakar sate sesaat saja. Letakkan lontong dan bumbu sate secukupnya di piring, beri kecap manis. Taruh sate, hidangkan dengan rajangan bawang merah, potongan cabe rawit hijau dan bawang goreng. Sajikan.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6883 seconds (0.1#10.140)