Pengusaha Bosnia Lirik Kopi Khas Tanah Karo

Sabtu, 20 Juli 2019 - 16:32 WIB
Pengusaha Bosnia Lirik Kopi Khas Tanah Karo
Duta Besar Republik Indonesia untuk Bosnia Herzegovina Amelia Achmad Yani bersama rombongan pengusaha Bosnia didampingi Wakil Bupati Kabupaten Karo Cory Sebayang mengunjungi dan melihat Gunung Api Aktif Sinabung di Desa Perteguhan Kecamatan Simpang Empat
A A A
TANAH KARO - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Bosnia Amelia Achmad Yani dan rombongan delegasi pengusaha Bosnia Herzegovina, menjajaki kerjasama Sister City, antara Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara dengan Bosnia. Sejumlah peluang bisnis terbuka, salah satunya minat Bosnia akan keunggulan biji kopi Arabika Khas Tanah Karo.

Head of Delegation from Brcko District Damir Bulcevic selaku Pemilik Perusahaan Papilon Halid Salihovic mengatakan tujuan utama kunjungan adalah untuk melihat potensi di Tanah Karo. Dirinya mengaku terkesan dengan potensi dan keindahan Sumut.

"Di Bosnia tidak ada tanaman kopi, untuk itu kita butuh impor. Dan kita dengar kopi dari Karo, Sumatera Utara, itu sangat bagus," ungkapnya.

Rombongan delegasi Bosnia disambut oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati Cory Sebayang di Hotel Internasional Sibayak Berastagi.
Kemudian delegasi Bosnia juga melanjutkan perjalanan menuju kawasan Gunung Sinabung. Delegasi diajak melihat Gunung Sinabung di Desa Perteguhan Kecamatan Simpang Empat dan perkebunan masyarakat di sekitar gunung.

"Kunjungan kita ke Karo ini adalah untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di Tanah Karo kepada rombongan delegasi dari Bosnia. Ada rencana untuk menjalin Sister City antara Karo dan Bosnia, khususnya di bidang perdagangan komoditas kopi, pariwisata dan misi pendidikan. Bosnia negara ke-11 terbesar di dunia pengkonsumsi kopi, jadi sangat dibutuhkan kopi ini," jelas Amelia.

Damir menyampaikan, kedatangannya juga untuk mengundang Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemkab Karo untuk datang menghadiri Forum Bisnis Internasional di Bosnia pada bulan September mendantang. Di sana, Pemprov Sumut dapat mempromosikan dan menarik minat negara-negara lainnya untuk jalin kerja sama.

Kehadiran Dubes bersama delegasi Bosnia disambut gembira Wakil Bupati Karo Cory Sebayang. Dikatakan Cory, kopi Karo memiliki kualitas unggul dan telah diekspor ke berbagai negara.

"Produk kopi kita sudah high qulity dan sangat di terima di pasar internasional. Jadi kita optimis untuk kerja sama ini, semoga Sister City antara Kabupaten Karo dan Bosnia akan segera terwujud dan berjalan lancar," harap Cory.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4281 seconds (0.1#10.140)