Pengusaha Bosnia Lirik CPO Sumatera Utara

Kamis, 18 Juli 2019 - 18:06 WIB
Pengusaha Bosnia Lirik CPO Sumatera Utara
Rombongan Dubes RI untuk Bosnia, Amelia Achmad Yani bersama rombongan pengusaha Bosnia Herzegovina telah dibawa melihat proses produksi minyak kelapa sawit di Pabrik Pengolahan Adolina, Serdang Bedagai, Sumatera utara.(Foto:SINDOnews/Ist)
A A A
MEDAN - Duta Besar (Dubes) RI untuk Bosnia Herzegovina Amelia Achmad Yani, bersama sejumlah pengusaha Bosnia Herzegovina, berkunjung ke Sumatera Utara. Para pengusaha ini melirik ekspor crude palm oil (CPO) hasil perkebunan sawit.

Kehadiran Dubes RI Amelia bersama rombongan disambut Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di rumah dinas, Kamis (18/7/2019).

Pertemuan dihadiri Head of Delegation from Brcko District Damir Bulcevic, Pemilik Perusahaan Papilon Halid Salihovic, Manajer V Group Palis Brcko Dorde Markovic, Konselor Ekonomi KBRI Bosnia Herzegovina Mahendra, Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara dan Konsul Kehormatan Rusia Fauzi Nasution.

Dubes RI Amelia Achmad Yani, mengatakan pengusaha negara pecahan Yugoslavia tertarik dengan Sumatera Utara, terutama kebutuhan bahan baku dari kelapa sawit untuk industri hilir cukup tinggi. “Mereka mau membeli minyak sawit (CPO). Karena di sana makannya (makanan pokok) roti,” ujar Amelia.

Amelia melihat ada peluang kerja sama dengan sejumlah pengusaha yang tertarik dengan produksi CPO dan langkah ini dinilai dapat menambah masukan bagi negara dari ekspor.

Head of Delegation from Brcko District Damir Bulcevic menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada rombongan dari Sarajevo, Ibukota Bosnia Herzegovina.

Sementara itu, Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara, mengatakankomoditas Kelapa Sawit telah membuat daerah ini menjadi tujuan investasi yang menarik. Namun kekayaan tersebut perlu dikelola dengan optimal agar hasil yang didapatkan lebih besar dari masa lalu.

Rombongan Dubes Amelia Achmad Yani bersama rombongan Negara Bosnia Herzegovina telah dibawa melihat proses produksi minyak kelapa sawit di Pabrik Pengolahan Adolina, Serdang Bedagai.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9323 seconds (0.1#10.140)