Pulau Nias Siap Gelar Ya'ahowu Nias Festival

Kamis, 18 Juli 2019 - 15:00 WIB
Pulau Nias Siap Gelar Yaahowu Nias Festival
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly meresmikan Yaahowu Nias Festival 2019 di Gedung Sapta Pesona. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)
A A A
JAKARTA - Pulau Nias kembali menyelenggarakan Ya'ahowu Nias Festival, sebuah festival kebudayaan tahunan yang memasuki tahun keempat.

Kali ini, Ya'ahowu Nias Festival 2019 mengusung tema Nias Ia Truly Island yang memamerkan penampilan-penampilan kebudayaan khas kepulauan Nias.

Di tahun ini, festival kebudayaan tersebut diadakan di Lapangan Merdeka, Lahomi dan Pantai Indah Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara, mulai 16-20 November 2019.

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely mengatakan, Ya'ahowu Nias Festival akan lebih semarak lagi dalam menyuguhkan penampilan kebudayaan di Nias. Ini juga sebagai upaya Nias untuk mendatangkan turis asing dan Nusantara untuk menikmati destinasi, kuliner, serta kebudayaan di Nias.

Hal tersebut diketahui saat launching Ya'ahowu Nias Festival yang diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019).

"Tahun ini kita menggali kebudayaan-kebudayaan yang potensial, kita gali lagi supaya tidak usang. Kita juga mengenalkan tarian-tarian khas dari Pulau Nias dan rumah-rumah adat, biar tidak punah," kata Faduhusi Daely di acara launching Ya'ahowu Nias Festival di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019).

Salah satu tarian tradisional asal Nias yang akan diperkenalkan adalah tari mayo atau tari elang, yang menjadi kesenian tradisional khas daerah tersebut. "Tahun ini ada tari-tarian, tarian kolosal 1.000 orang," kata dia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8284 seconds (0.1#10.140)