DPD Desak Kabupaten Kawasan Danau Toba Segera Siapkan Dana Tanggulangi Pencemaran

Kamis, 18 Juli 2019 - 14:12 WIB
DPD Desak Kabupaten Kawasan Danau Toba Segera Siapkan Dana Tanggulangi Pencemaran
Anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba. (Foto/Dok)
A A A
JAKARTA - Kabupaten sekawasan Danau Toba diminta segera menyediakan anggaran untuk menanggulangi pencemaran air danau yang menjadi penyebab utamanya pakan ikan kerambah jaring apung (KJA).

"Segera anggarkan dana untuk pemeliharaan kualitas air Danau Toba. Jadi jangan hanya diserahkan kepada provinsi, pusat atau dinas terkait," ujar Anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba di Gedung Parlemen Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Parlindungan menyebutkan bahwa DPD sangat konsen mengenai masalah kualitas air danau. Bukan hanya Danau Toba, tapi ada beberapa danau yang juga menjadi prioritas penangan.

Dikatakannya ada 12 danau yang kritis saat ini, tetapi saat ini yang sangat penting adalah Danau Toba. Sebab bebarapa waktu lalu presiden berbicara soal kawasan Danau Toba tentang pariwisata.

"Menko Maritim dalam pertemuan di medan beberapa hari lalu juga berbicara juga tentang kualitas air Danau Toba yang menyedihkan ini. Terakhir Gubernur Sumatera Utara sudah buat surat 3 hari yang lalu kepada Kementerian LHK untuk meminta bantuan ke pemerintah pusat," ungkap Palindungan.

Kepada pihak-pihak yang terkait dalam menangani pencemaran air Danau Toba yang penyebab utamanya itu adalah pakan ternak ikan itu diminta Parlindungan untuk segera bertindak. "Saya minta bapak dan ibu bertiga ini (tiga pembicara dalam diskusi -red), dari Pemprov , KLKH dan KKP, stoplah berwacana dan saya minta action," tegas Parlindungan.

Ditegaskan, kalau memang kapasitas produksi ikan dari kerambah jaring apung (KJA) di danau itu hanya 10 ribu ton/tahun, maka aturan itu harus dilaksanakan. Karena pemilik KJA di Danau Toba itu, sebagian besar, yaitu 70-60% milik dua perusahaan dan sisanya milik rakyat.

"Ikan rakyat itu banyak orang, sedangkan perusahaan besar hanya dua. Tentunya disini harus segera diatasi dan saya pikir kita mendukung pak Gubernur Sumatera Utara sangat konsen masalah ini," ujar Parlindungan Purba.

Parlindungan juga menyebutkan beberapa solusi lainnya yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengurangi kadar bahan kimia pospat dalam pakan ikan. Karena yang menjadi penyebab utama pencemaran air danau itu adalah pospat yang terkandung dalam pakan ikan.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9799 seconds (0.1#10.140)