Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020

Senin, 15 Juli 2019 - 11:49 WIB
Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020
Gubernur DKI Anies Baswedan merasa bersyukur Jakarta terpilih sebagai salah satu penyelenggara lomba balap mobil Formula E. Foto : @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur setelah Jakarta akan mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah gelaran lomba balap mobil Formula E.

Nego tahap akhir pun akan dilakukan Anies dengan pengelola Formula E di Amerika Serikat. Dikutip dari akun resmi Facebook pribadinya, Anies mengatakan Formula E di Jakarta akan berlangsung pada pertengahan tahun 2020.

"Selepas dari World Cities Summit di Medellin, Kolombia, langsung terbang ke New York, Amerika Serikat, untuk menuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E bahwa Jakarta lebih dari layak menjadi salah satu tuan rumah balap mobil kelas dunia ini," tulis Anies.

Proses nego ini dituturkan Anies sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu. "Pertemuan dibuat tanggal 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E. Tim dari Formula E juga sudah datang khusus untuk melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu. Karena Jakarta berkompetisi dengan kota-kota besar dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan rapi, teliti, tertib dan tak banyak bicara. Jadwal dan rute perjalanan ditata dengan baik. Semua bahan telah disiapkan."
Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020

(Anies Baswedan saat berada di New York menuntaskan negosiasi penyelenggaraan Formula E)

"Puncaknya adalah negosiasi pada Sabtu, 13 Juli kemarin di New York. Bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi yang juga legenda di dunia balap mobil. Pembicaraan jarak jauh lewat telepon dan diskusi antar tim sudah berlangsung lama, tapi kami baru sekarang bisa bertatap muka langsung. Kita langsung akrab seakan sudah kenal lama. Suasana negosiasi berlangsung serius, dengan bahan lengkap sudah disiapkan, namun berlangsung santai, hangat dan bersahabat," ungkap Anies.

"Di ujungnya kita bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah. Ini artinya, mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung. Jakarta akan berada di radar perhatian dunia. Tak terkira banyaknya juga adalah penonton dari dalam negeri. Yang tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi pun akan dirasakan. Insya Allah!"

"Alhamdulillah, Alhamdulillah dan Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, sebuah perjuangan panjang dari seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan tim telah membuahkan hasil. Bersyukur rasanya bahwa ada banyak kota besar dunia berusaha, tapi Jakarta lah yang dipilih mendapatkan kesempatan," tulis Anies.

"Pada dunia kita kirimkan pesan; Jakarta bukan cuma pemain domestik, Jakarta siap menyongsong, siap sejajar dan makin bersinar di antara megapolitan dunia, dan Insya Allah akan makin kokoh hadir di orbit global. Mari Jakarta, kita segera bersiap jadi tuan rumah laga kelas dunia!"
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8123 seconds (0.1#10.140)