alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jokowi akan Bangun Lembaga Manajemen Talenta Indonesia

Raka Dwi Novianto
Jokowi akan Bangun Lembaga Manajemen Talenta Indonesia
Presiden Jokowi akan memprioritaskan pembangunan SDM dan membangun Lembaga Manajemen Talenta Indonesia.(Foto/Raka Dwi Novianto)

BOGOR - Presiden terpilih Jokowi akan memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di periode kedua masa kepimpinannya nanti. Menurutnya, pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia di masa depan.

"Kita akan memberikan prioritas pembangunan kita pada pembangunan sumber daya manusia. Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan," ujar Jokowi dalam pidatonya, di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Minggu (14/7/2019).

Untuk membangun SDM yang aandal, kata Jokowi, perlu dimulai dari masa kehamilan. Jokowi pun menyoroti betapa pentingnya menjaga dan menjamin kesehatan ibu hamil hingga anak usia sekolah.



"Titik dimulainya pembangunan SDM adalah dengan menjamin kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak usia sekolah. Ini merupakan umur emas untuk mencetak manusia Indonesia unggul ke depan. Itu harus dijaga betul. jangan sampai ada stunting, kematian ibu, atau kematian bayi meningkat. Tugas besar kita di situ," tambahnya.

Jokowi juga menegaskan akan meningkatkan kualitas pendidikan. Tidak hanya pelajaran umum, tapi pelajaran kejuruan. Termasuk meningkatkan kemampuan sekolah kejuruan. "Kita juga akan membangun Lembaga Manajemen Talenta Indonesia. Pemerintah akan mengidentifikasi, memfasilitasi, serta memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi talenta-talenta Indonesia," tegasnya.

Menurut Jokowi, diaspora yang bertalenta tinggi harus diberikan dukungan agar memberikan kontribusi besar bagi percepatan pembangunan Indonesia. "Kita akan menyiapkan lembaga khusus yang mengurus manajemen talenta ini. Kita akan mengelola talenta-talenta hebat yang bisa membawa negara ini bersaing secara global," tuturnya.



(zys)

loading...