alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Petani Deliserdang Disuguhkan Pelatihan Mengolah Cabai Jadi Produk Turunan

M Andi Yusri
Petani Deliserdang Disuguhkan Pelatihan Mengolah Cabai Jadi Produk Turunan
Petani di Kabupaten Deliserdang mengikuti pelatihan mengolah cabai menjadi produk turunan, bersama PT Pertamina MOR I di Dusun Jogja Desa Sidodadi Rumania Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Rabu (10/7/2019).(Foto/SINDOnews/M Andi Yusri)

DELISERDANG - Petani di Dusun Jogja Desa Sidodadi Rumania, Kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara dilatih untuk mengolah cabai menjadi produk turunan, oleh PT Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) I, Rabu (10/7/2019).

Unit Manager Communication & CSR MOR I Roby Hervindo, menjelaskan harga cabai di Indonesia memang fluktuatif. Berdasarkan data BPS, cabai menyebabkan inflasi hingga 0,20 persen pada Juni 2019 dikarenakan cabai komoditas musiman yang mudah rusak. Oleh karena itu, Pptani harus cepat menjual hasil panen jika tidak mau cabainya membusuk.

PT Pertamina ingin memberikan yang terbaik bagi para Petani, salah satu solusinya adalah mengolah cabai menjadi produk turunan. "Dengan tema #MoveOnUKM, Pertamina bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) dan Disperindag Deliserdang mengadakan pelatihan pengolahan cabai," jelasnya saat pembukaan pelatihan.



Melalui pelatihan ini, lanjut Roby, Petani akan dapat mengolah cabai menjadi produk bernilai tambah, misalnya sambal kemasan. Pelatihan empat hari tersebut diikuti oleh kelompok petani cabai mitra binaan Program Kemitraan (PK) Pertamina. "Dana bergulir PK yang dikucurkan untuk kelompok ini mencapai Rp1,4 milyar," ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Perindag Deliserdang, Ramlan Refis menuturkan pelatihan ini dapat meningkatkan kesejahteraan Petani cabai di Deliserdang. "Ini kesempatan baik bagi Petani, maka manfaatkanlah dengan optimal. Kami juga mengapresiasi Pertamina MOR I yang menginisiasi pelatihan," tutur Refis. Ke depan, dia berharap kerja sama pengembangan UKM bersama Pertamina dapat meningkat lagi.

Kepala BBP Mektan, Agung Prabowo, memuji sumber daya alam dan manusia di Deliserdang. "Saya tidak menyangka bahwa Deli Serdang juga sebagai sentra cabai. Melalui mekanisasi pertanian, kita dapat memberdayakan para istri petani untuk mengolah cabai jadi produk bernilai tambah," ujarnya.



(zys)

loading...